Ismail Haniyah: Gaza tidak berbahaya bagi keamanan lokal Mesir

[Kepala biro Politik Hamas, Ismail Haniyah, mengadakan kunjungan ke salah satu kantor berita Mesir, Almasry Alyoum. Ia mengaskan bahwa keberadaan Gaza sama sekali tidak mengganggu keamanan lokal Mesir.

BY 4adminEdited Wed,13 Feb 2019,10:02 AM

Kairo, SPNA - Gerakan Perjuangan Islami Palestina (Hamas), Selasa (12/02/2019), melaporkan bahwa kepala biro politik mereka, Ismail Haniyah, dan beberapa delegasi Hamas lainnnya mengadakan sebuah kunjungan ke salah satu kantor berita resmi Mesir, Almasry Alyoum, di Kairo. Kunjungan tersebut disambut oleh Direktur Pelaksana Abdul Mun’im Said dan Pemred Almasry Alyoum Abdul Lathif Al-Minawi.

Dalam pertemuan tersebut, Haniyah menyampaikan banyak hal terkait situasi Gaza terakhir. Ia juga menyebutkan beberapa solusi yang mungkin dilakukan untuk mengeluarkan Palestina dari kemelut konflik berkepanjangan.

Salah satu solusi tersebut adalah dengan merealisasikan perdamaian lokal antar faksi Palestina. Serta kembali kepada kesepakatan yang ada dan menghormati keinginan masyarakat untuk menggelar kembali Pemilu Umum Palestina.

Hinayah mengatakan pentingnya dukungan negara-negara Arab, termasuk Mesir, serta negara Internasional dalam upaya menghindari upaya pengisolasian kasus Palestina.

Kepalo Biro Politik Hamas tersebut juga menjawab sejumlah pertanyaan dari wartawan Mesir tetang perkara-perkara yang masih menimbulkan pertanyaan dalam kasus Palestina.

Haniyah menegaskan adanya hubungan erat antara Gaza dan Mesir. Ia juga meyakinkan pihak Mesir bahwa Gaza tidak akan mengganggu keamanan lokal Mesir.

Menurut penuturan Haniyah, Hamas adalah sebuah organisasi pembebasan Palestina yang berpegang pada pemikiran moderat dan menjaga hubugan baik dengan negara lain. Perjuangan yang dilakukan fokus pada usaha untuk mendukung dan memperjuangkan hak rakyat.

Di akhir pertemuan, Haniyah turut menyampaikan ucapan selamata kepada Masir yang baru saja menerima tampuk kepemimpinan Uni Afrika untuk periode 2019.

(T.HN/S: Palsawa)

leave a reply