Akibat tudingan Netanyahu, Polandia dan Israel memanas

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu: “Polandia bekerjasama dengan Nazi, ini bukanlah rahasia. Saya menyampaikan hal ini dengan jelas disini, di Polandia.

BY 4adminEdited Sat,16 Feb 2019,10:24 AM

Warsawa, SPNA - Kementerian Luar Negeri Polandia dilaporkan memanggil Duta Besar Israel di Warsawa pasca tudingan yang dilontarkan Netanyahu bahwa Polandia bekerjasama dengan Nazi.

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu dalam wawancara di sela-sela Konferensi Warsawa mengatakan: “Polandia bekerjasama dengan Nazi, ini bukanlah rahasia. Saya menyampaikan hal ini dengan jelas disini, di Polandia.”

Pernyataan Netanyahu tersebut membuat marah Presiden Andrzej Sebastian Duda  dan Perdana Menteri Mateusz Jakub Morawiecki, seperti dilansir Maannews, Jum’at (15/02/2019).

Berdasarkan keterangan sejumlah surat kabar Israel, Netanyahu mengkritisi undang-undang Holocaust yang diresmikan Polandia tahun lalu.

UU tersebut mengkriminalkan siapapun yang menuding pemerintah dan rakyat Polandia terlibat dalam pembantaian Yahudi dalam tragedi Holocaust.

Akibat tudingan Netanyahu tersebut, Presiden Polandia dilaporkan akan membatalkan kunjungannya ke Israel yang direncanakan dalam waktu dekat.

Demi menenangkan situasi, Kedubes Israel di Warsawa dilaporkan telah menyampaikan keterangan kepada Pemerintah Polandia.

Menurut mereka, Netanyahu tidak menuding pemerintah dan rakyat Polandia terlibat Holocaust dan hanya mengkritik undang-undang  yang diresmikan Polandia tahun lalu.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply
Posting terakhir