Warga Palestina Gaza olah jerigen jadi masker anti gas air mata

Masker anti gas air mata warga Palestina menarik perhatian pengamat politik Israel. Meski tidak cukup kuat untuk membendung peluru tajam Israel, masker tersebut palling tidak dapat menjadi solusi gas air mata yang biasa digunakan Israel untuk menyerang demonstran Gaza.

BY 4adminEdited Sat,16 Feb 2019,12:51 PM

Gaza, SPNA - Keterbatasan membuat warga Palestina Gaza lebih kreatif dan menemukan inovasi terbaru, alat-alat yang dapat digunakan dalam aksi melawan penjajahan Israel. Penemuan terbaru mereka adalah jerigen yang diolah menjadi masker anti gas air mata.

Kreasi warga Gaza ini mendapat perhatian dari pihak penjajah. Analis politik Israel, Roi Kais, mempublis sebuah gambar di akun Twitternya, memperlihatkan hasil karya warga Gaza itu yang digunakan dalam aksi unjuk rasa terkhir di perbasatan Israel, Jumat(15/02/2019).

Kais yang bekerja sebagai wartawan di salah satu televisi Israel, KAN, dalam postingannya menuliskan, “Penemuan baru warga Palestina ini dapat digunakan untuk menghindari gas air mata dalam demonstrasi di dekat pagar perbatasan.”

Gambar tersebut memperlihatkan seorang pria dengan kepala yang telah di bungkus dengan sebuah jerigen. Karena besar, sekilas ia terlihat mirip seperti helm yang dipakai penjinak bom atau astronot.

Jiregen yang sudah dipotong bagian bawah, sisi depannya dilapisi dengan plastik transparan untuk memudahkan penglihatan. Sebuah selang kemudian dipasang di sisi jerigen sebagai alat pernafasan.

Namun tentunya, jerigen tersebut tidak dapat membendung peluru Israel yang telah menewaskan ratusan warga Gaza sejak unjuk rasa blokade berlangsung Maret 2018 lalu.

Penemuan ini merupakan satu di antara karya unik warga Palestina lainnya. Sebelumnya mereka juga menggunakan masker yang diisi bawang untuk menghindari gas air mata.

Warga Yahudi Israel yang tinggal di dekat perbatasan Gaza juga pernah diresahkan dengan balon dan layang-layang yang ditembakkan pemuda Gaza. Pasalnya balon dan layang-layang tersebut telah dipasang benda yang dapat memicu kebakaran.

(T.HN/S:Ramallah) 

leave a reply
Posting terakhir

'Merusak': efek gas air mata Israel terhadap warga Palestina

Pusat Hak Asasi Manusia Universitas California di Berkeley baru-baru ini melaporkan bahwa pasukan keamanan Israel telah melakukan penggunaan "gas" yang meluas, "sering" dan "sembarangan" terhadap pengungsi Palestina di kamp pengungsi Aida dekat Bethlehem.