Amerika agendakan pengakuan dataran tinggi Golan untuk Israel

Senat Amerika minggu ini sedang mendiskusikan rencana pengakuan Amerika Serikat terhadap Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari negara Israel. Pengakuan tersebut merupakan permintaan Netanyahu sebagai ganti rugi atas penarikan pasukan Amerika dari Suriah.

BY 4adminEdited Mon,25 Feb 2019,10:54 AM

Washington, SPNA - Senat Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang mendiskusikan pengakuan Amerika terhadap Dataran Tinggi Golan sebagian bagian dari Israel.

Agenda tersebut diajukan oleh masing-masing dari Senator Ted Cruz dan Tom Cotton dari partai Republik. Serta mendapat dukungan kuat dari para senator partai Demokrat.

Media Israel, Israel Hayom,  menyebutkan bahwa agenda tersebut berkaitan dengan pembuatan Undang-Undang mengikat, bukan sekedar pengumuman atau pernyataan. Pemerintah Amerika diprediksi tidak akan memberikan penolak berarti atas permintaan tersebut.

Israel Hayom juga menyebutkan bahwa pemerintah Donald Trump serius mempelajari permintaan Israel itu. Meski sampai saat ini belum ada keputusan resmi yang keluar dari Gedung Putih. Hal tersebut berhubungan erat dengan pergerakan politik Timur Tengah yang tentunya menjadi pertimbangan dari pemerintah AS.

Pasca pengumuman penarikan pasukan Amerika dari Suriah, Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu mengajukan permintaan untuk mempermenenkan hak Israel atas wilayah Golan.

Permintaan tersebut telah dilayangkan pemerintah Israel sebulan terakhir kepada Penasehat Keamanan Nasional AS, John R. Bolton. Netanyahu mengatakan, “Dataran Tinggi Golan sangat penting untuk keamanan kami, kami tidak akan pernah menarik diri dari wilayah tersebut.”

Bolton menolak untuk mengomentari permintaan Netanyahu itu. Tapi pemerintah Amerika beberapa waktu lalu telah menegaskan dukungan tetap mereka kepada Israel meski pasukan Amerika telah ditarik dari Suriah.

Golan merupakan sebuah dataran tinggi di wilayah perbatasan Israel, Lebanon, Yordania dan Suriah. Awalnya wilayah tersebut merupakan bagian dari Suriah, namun saat ini telah dikuasai oleh Israel.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

PM Israel Tolak Lepaskan Dataran Tinggi Golan

Perdana Menteri Israel menegaskan tak akan melepas Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki.  Hal ini disampaikan menyusul pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken, terkait Pengakuan AS atas Dataran Tinggi Golan di masa pemerintahan Trump