KTT Arab Eropa, As-Sisi serukan pemberantasan terorisme

Abdul Fattah As-Sisi mengajak negara peserta KTT Arab Eropa membentuk kekuatan bersama demi memerangi terorisme. Menurutnya pemberantasan terorisme dapat dilakukan dengan penutupan jalur pendanaan dan perang ideologi.

BY 4adminEdited Mon,25 Feb 2019,11:11 AM

Kairo, SPNA -  Presiden Mesir, Abdul Fattah As-Sisi, mengajak negara Arab dan Eropa untuk sama-sama berjuang dalam pemberantasan terorisme. “Kita perlu merapatkan barisan untuk membasmi virus terorisme.” Kata As-Sisi.

Pernyataan tersebut disampaikan dalam pidato pembukaan KTT Arab Eropa yang berlangsung di Kota Syarm El-Syekh, Mesir. KTT jilid pertama yang diadakan oleh Liga Arab dan Uni Eropa tersebut mengusung tema “Stabilitas dan Investasi.”

As-Sisi menegaskan perlunya kerja sama untuk memberantas terorisme melalui pemutusan jalur pendanaan dan perang ideologi.

Terkait persoalan Palestina, Presiden dua periode Mesir tersebut mengatakan, “Kasus Palestina merupakan persoalan Arab bersama. Permasalahan tersebut harus diselesaikan melalui jalur politik yang komprehensif.”

KTT Arab Eropa ini dilaporkan dihadiri oleh 50 pemimpin negara Arab dan Eropa. Pertemuan tersebut dipimpin langsung oleh Presiden As-Sisi sebagai tuan rumah dan Donald Tusk, Presiden Dewan Eropa.

Terorisme dan imigran ilegal merupakan dua isu penting yang diangkat menjadi tema pertemuan. Beberapa waktu lalu Mesir baru saja dibaiat untuk memimpin Uni Afrika periode 2019. As-Sisi juga mengambil topik terorisme sebagai agenda utamanya di perkumpulan negara Afrika tersebut.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir