Hak Baru Israel: Caplok ‘Area C’, hanya beri hak kewarganegaraan kepada 80.000 warga Palestina

Sebuah partai politik sayap kanan Israel mengusulkan rencana untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat dan memaksakan kedaulatan penuh Israel atas wilayah yang diduduki tersebut.

BY 4adminEdited Sat,02 Mar 2019,11:36 AM

Yerusalem, SPNA - Sebuah partai politik sayap kanan Israel mengusulkan rencana untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat dan memaksakan kedaulatan penuh Israel atas wilayah yang diduduki tersebut.

Kurang dari enam minggu sebelum pemilihan Israel, langkah itu tampaknya dimaksudkan untuk menyapu suara dari sebagian besar pemilih negara yang memusuhi negara Palestina itu.

Rencana yang diusulkan partai pimpinan Naftali Bennett dan Ayelet Shaked mengetahui bahwa "Hak Baru" Israel akan berupaya untuk mencaplok "Area C" yang merupakan 61 persen dari Tepi Barat yang diduduki. Dalam apa yang tampaknya merupakan upaya untuk mengurangi ketakutan yang meluas di kalangan Israel atas "ancaman demografis", dengan banyaknya warga Palestina, maka kelompok sayap kanan memperkirakan bahwa hanya "80.000 orang Arab" yang tinggal di daerah itu perlu diberikan kewarganegaraan.

Jumlah ini jauh lebih rendah dari total warga populasi Palestina yang ingin dianeksasi secara ilegal tersebut. Menurut Kantor PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan di Tepi Barat jumlah populasi Palestina di wilayah tersebut mencapai 297.000 jiwa.

Ini adalah usulan yang cenderung mengkhawatirkan komunitas internasional. Usulan itu ditetapkan sebagai bagian dari platform yang dirilis oleh partai Kanan Baru pada Kamis (28/02/2019), yang para pemimpinnya memisahkan diri dari partai Rumah Yahudi untuk membentuk kelompok baru. Didirikan pada Desember 2018, partai itu dikatakan termasuk kelompok agama dan sekuler.

Menteri Kehakiman Israel Ayelat Shaked dan Menteri Pendidikan Naftali Bennett tidak merahasiakan niat mereka untuk mencaplok sebagian besar Tepi Barat. Pada bulan Oktober Shaked mengatakan bahwa ia mendukung pencaplokan total "Area C". Menurutnya, dengan dengan melakukan itu Israel perlu menyerap beberapa warga Palestina ke dalam wilayahnya.

Sebagian besar permukiman ilegal Israel dibangun di "Area C", yang di oleh Kesepakatan Oslo ditempatkan di bawah kendali administrasi Israel. Populasi pemukim ilegal Israel di Tepi Barat yang diduduki hanya kurang dari 600.000, menurut B'Tselem, dan sementara "Israel telah menahan diri untuk secara resmi menganeksasi Tepi Barat...Dalam praktiknya, bagaimanapun, ia memperlakukan permukiman yang didirikan di seluruh Area. C sebagai perpanjangan dari wilayah kedaulatannya dan secara virtual telah menghilangkan perbedaan bagi warga negara Israel.”

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir

Palestina: Pembangunan di Area C Tepi Barat adalah Hak Eksklusif Palestina

Kementerian Luar Negeri Palestina menekankan penolakannya terhadap konstruksi di area yang diklasifikasikan sebagai Area C. Sesuai hukum internasional, resolusi legitimasi internasional, dan perjanjian yang ditandatangani, Area C merupakan hak eksklusif Palestina, karena merupakan bagian integral dari wilayah Palestina yang diduduki. Otoritas pendudukan tidak memiliki hak untuk mengubahnya dengan cara apa pun.