Puluhan ribu warga Palestina penuhi Al-Aqsa untuk shalat Jumat

Puluhan ribu warga Palestina tunjukkan pembelaan mereka terhadap Al-Aqsa dengan melaksanakan shalat jumat bersama di masjid termulia ketiga dalam Islam. Sebagian warga terpaksa shalat di luar dinding Kota Tua akibat larangang Israel.

BY 4adminEdited Sat,02 Mar 2019,12:23 PM

Yerusalem, SPNA-  Puluhan ribu warga Palestina, Jumat (01/03/2019),  melaksanakan shalat Jumat di Masjid Al-Aqsa. Pelaksanaan shalat Jumat tersebut berlangsung di bawah pemantauan militer Israel, baik di pintu maupun di sekeliling masjid dan di beberapa tempat di kota Tua, Yerusalem.

Ratusan warga Palestina mengambil tempat di Musalah Ar-Rahmah yang beru saja berhasil dibuka kembali setelah di tutup Israel selama 16 tahun.

Departemen Wakaf menyebutkan, jumlah jamaah kemarin Jumat mencapai 30 ribu orang. Jumlah tersebut terdiri dari warga Palestina Yerusalem dan warga Palestina lainnya yang berasal dari  berbagai daerah Tepi Barat, serta umat muslim dari negara Arab yang berkunjung ke Al-Aqsa.

Syekh Muhammad Salim, dalam khutbah Jumatnya menegaskan bahwa kewenangan atas Masjid Al-Aqsa berada di tangan Departemen Wakaf.

Beliau juga mengecam aksi Israel yang melakukan pemukulan terhadap para jemaah, penangkapan serta isolasi terhadap petugas Masjid Al-Aqsa.

Beberapa warga Palestina yang mendapat hukuman isolasi dari militer Israel terpaksa malakukan shalat Jumat di depan pintu Al-Asbath/ Lions' Gate. Pintu Al-Asbath merupakan salah satu dari tujuh pintu benteng yang melingkari Kota Tua. Mereka bahkan tidak diizinkan masuk ke Kota Tua, apalagi untuk shalat di Masjid Al-Aqsa.

Bertindak sebagai khatib, Syeikh Raid Dakna, mantan ketua mubalig yang dilarang mendekati Al-Aqsa selaman enam bulan.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply