Menlu RI: Indonesia Akan Selalu Bersama Palestina

Menlu RI menyaksikan penandatanganan “Letter of Intent (LOI)” antara Sekjen Kemlu RI dan Asisten Menlu Palestina Urusan Asia, Afrika dan Australia, mengenai bantuan dana masyarakat untuk Gaza.

BY 4adminEdited Thu,07 Mar 2019,03:19 PM

Amman, Yordania -  Dalam kunjungan 10 jam di Amman, Yordania (5/3) kemarin, Menlu RI tegaskan kembali dukungan RI kepada Palestina. Meskipun singkat, sejak menjabat sebagai Menlu RI,

kunjungan ke Yordania kali ini adalah untuk keempat kalinya. “Yordania adalah salah satu negara yang paling banyak saya kunjungi. Ini memperlihatkan intensitas penguatan kerjasama kedua negara menjelang 70 tahun hubungan diplomatik RI-Yordania tahun depan,” ungkap Menlu Retno.

Diawali dengan pembukaan pelatihan tentang “Business Plan for Women in Refugee Camp”, Menlo Retno mengatakan bahwa dalam merayakan hari perempuan intersional tahun ini, Indonesia mendorong upaya pemberdayaan perempuan dalam perdamaian.

Pelatihan ini diikuti oleh sejumlah wakil organisasi pemerintah dan aktifis perempuan yang sehari-hari bergelut dengan penanganan kaum perempuan Palestina di kamp pengungsi.

Pada kesempatan yang sama, Menlu RI menyaksikan penandatanganan “Letter of Intent (LOI)” antara Sekjen Kemlu RI dan Asisten Menlu Palestina Urusan Asia, Afrika dan Australia, mengenai bantuan dana masyarakat untuk Gaza. Bantuan kemanusian ini ditujukan untuk membangun proyek salinasi air serta pengadaan obat-obatan dan alat kesehatan.

Penegasan dukungan terhadap Palestina, disampaikan pula pada pertemuan bilateral Menlu RI dan Menlu Yordania, Ayman Safadi. Kedua Menlu sepakat bahwa Palestina tengah menghadapi masalah yang serius, baik secara politik, finansial dan keuangan.

Karena itu, kedua Menlu telah bertukar pikiran tentang berbagai langkah yang dapat mendorong kembali perundingan proses perdamaian Palestina-Israel atas dasar solusi dua negara serta keinginan untuk menggalang dukungan bagi kemerdekaan Palestina di berbagai forum, seperti OKI dan PBB.

Di samping itu, dalam pertemuan kedua Menlu menggarisbawahi hubungan bilateral yang terus mengalami peningkatan, baik di bidang perdagangan, investasi dan pariwisata. Potensi kerjasama kedua negara masih terbuka untuk digali ke arah hubungan yang semakin kuat dan luas.

Sikap tegas dukungan RI kepada Palestina, khususnya melalui diplomasi kemanusiaan, juga disampaikan Menlu Retno dalam pertemuan dengan Commissioner General UNRWA, Pierre Krahenbuhl. Indonesia, baik pemerintah maupun masyakarat dan lembaga kemanusiaan, telah banyak memberikan bantuan bagi pengungsi Palestina.

Hal ini menunjukkan bahwa isu Palestina senantiasa berada dalam hati dan pikiran bangsa Indonesia dan kebijakan luar negeri RI.

Sebagai bentuk komitmen dan dukungan kepada pengungsi Palestina dan untuk mengurangi beban krisis finansial tahun 2019, Menlu RI dan Commissioner General UNRWA telah menandatangani perjanjian hibah sebesar $ 1 juta. Bantuan hibah ini ditujukan untuk bantuan pangan dan pelayanan kesehatan untuk pengungsi Palestina di kamp pengungsi Jerash. 

Kegiatan Menlu Retno ditutup dengan mengunjungi kamp pengungsi Palestina di Wehdat, Amman Selatan, bersama Pierre Krahenbuhl. Dalam kunjungan ini, Menlu RI yang didampingi Dubes RI, Andy Rachmianto dan Sekjen Kemlu RI, Mayerfas, bertatap muka dengan sejumlah pelajar Palestina anggota parlemen sekolah. Dihadapan mereka, Menlu perempuan pertama di Indonesia ini menyampaikan pesan kuat: “Jangan pernah menyerah! Tetap semangat dalam menghadapi masa depan hingga Palestina merdeka”. Menlu RI tegaskan bahwa Indonesia akan selalu bersama Palestina.

Sumber: Indonews

leave a reply
Posting terakhir

MASYARAKAT INDONESIA BUKA PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS DI PALESTINA, Bantuan dari Rakyat Indonesia untuk warga Gaza

 Pertama pasar sembako gratis digelar oleh masyarakat Indonesia Palestina tepatnya dikota Gaza, ratusan warga Gaza banjiri pasar sembako amanah dari rakyat Indonesia, mereka bebas memilih kebutuhan dan keperluan makanan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, garam, kurma, makarona dengan total 16 item jenis makanan, insya Allah pada Ramadhan 2019 ini kita gelar dengan program sama yaitu PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS dan PASAR SAYUR DAN BUAH GRATIS, ungkap Abdillah Onim-Humanitarian activist and diplomacy Indonesia di Gaza.