Angkatan Laut Israel tangkap empat nelayan Gaza

Militer Israel kembali menyerang dan menangkap nelayan Israel yang sedang mengais rezeki di laut Gaza. Serangan tersebut bertentangan dengan kesepakatan gencatan senjata antara Palestina dan Israel.

BY 4adminEdited Sat,09 Mar 2019,11:07 AM

Gaza, SPNA - Angkatan Laut Israel, Jumat (08/03/2019), menangkap empat nelayan Palestina dan menyita perahu milik mereka di utara Gaza.

Kapten nelayan, Nizar Ayyash, mengatakan militer Israel menyerang perahu nelayan saat berada pada kejauhan dua mil dari tepi pantai. Sebelum penangkapan, militer Israel menyerang para nelayan tersebut dengan peluru panas.

Sampai saat ini belum ada laporan lanjutan terkait korban yang mengalami cedera akibat tembakan militer Israel.

Sejak awal tahun, Angkatan Laut Israel telah menangkap 19 nelayan Palestina. Penangkapan nelayan Palestina tersebut melukai kesepakatan gencatan senjata antara Palestina dan Israel yang dijembatani Mesir pada akhir Agustus 2014 lalu.

Israel juga telah melanggar perjanjian Oslo yang ditandatangani pertengahan September tahun 1993. Perjanjian tersebut mewajibkan Israel untuk memberikan hak berlayar bagi nelayan Palestina sejauh 20 mil dari tepi pantai.

Hanya saja Israel seolah tidak pernah menandatangai perjanjian tersebut. Selain mempersempit area penangkapan ikan menjadi 6 mil, mereka juga tidak segan melukai para nelayan yang sedang berlayar.

(T.HN/S:Qudspress)  

leave a reply
Posting terakhir

Angkatan Laut Israel Tangkap 2 Nelayan Palestina di Laut Gaza

Hampir setiap hari, angkatan laut pendudukan Israel mengganggu, menembaki, hingga menahan kapal dan nelayan Palestina di Jalur Gaza. Hal ini dilakukan untuk mencegah melakukan aktivitas penangkapan ikan sebagai sumber mata pencaharian mereka. Tindakan kejahatan penembakan ini dilakukan dengan dalih palsu dan dibuat-buat.