Kemenlu Norwegia: Permukiman baru Israel di Tepi Barat ilegal

Duta besar Norwegia menyidir Israel atas pembangunan permukiman Yahudi ilegal di Tepi Barat. Pernyataan tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke Kairo, Selasa (12/03)

BY adminEdited Wed,13 Mar 2019,12:04 PM

Kairo, SPNA - Kementerian Luar Negeri Norwegia, Ine Marie Eriksen Soreide, Selasa (12/03/2019), mengatakan permukiman Yahudi Israel yang dibangun di Tepi Barat, ilegal.

Pernyataan tersebut disampaikan Ine pada konferensi pers bersama dengan Duta Besar Mesir, Samah Syukri, pada kunjungan perdananya ke Mesir sejak mulai menjabat pada akhir 2017.

Ine mengatakan Norwegia mendukung penuh hak-hak rakyat Palestina melalui program UNRWA untuk meringankan beban pengungsi Palestina.

Ia menambahkan bahwa Minggu lalu, Ia telah bertemu dengan presiden Palestina, Mahmud Abbas untuk membahas usaha perdamaian di Timur tengah. Kunjungan tersebut diadakan di Istana Presiden, di kota Ramallah.

Namun demikian, Tel Aviv dipastikan akan menolak seruan untuk menghentikan pembangunan permukiman baru tersebut. Penolakan Israel tersebut merupakan salah satu sebab buntunya jalan perdamaian antara Palestina dan Israel.

Kunjungan pertama Soreide mendapat sambutan hangat dari pihak Mesir. Ia berharap kunjungan tersebut menjadi alasan untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara.

(T.HN/S:Anadolu)

 

leave a reply
Posting terakhir