India bangun enam pembangkit listrik bertenaga nuklir Amerika

India menjalin hubungan yang cukup baik dengan Amerika Serikat. Negara Paman Sam tersebut akan membantu India untuk membangun enam pembangkit listrik bertenagakan nuklir di India.

BY adminEdited Thu,14 Mar 2019,10:38 AM

New Delhi, SPNA - Amerika Serikat dan India sepakat untuk menjalin kerja sama dalam bidang nuklir dan keamanan. Di antara bentuk kerjasama tersebut pembangunan enam terminal pembangkit listrik bertenagakan nuklir di India.

Kesepakatan tersebut merupakan hasil pertemuan delegasi India dengan pemerintah Amerika di Washington yang berlangsung selama dua hari. Sejak Presiden Donald Trump duduk di kursi tertinggi Amerika, negara tersebut telah banyak menjual  produk energi untuk India.

Nuklir merupakan sumber energi pembangkit listrik terbesar nomor empat di India. Selain nuklir, mereka juga menggunakan sumber energi termal, tenaga air dan energi terbarukan.

Sejak tahun 2012, India telah mempunyai 20 reaktor nuklir yang dipasang di enam terminal pembangkit listirk. Hasilnya mereka dapat memproduksi 4780 Megawatt listrik. Juga terdapat tujuh reaktor lainnya yang sedang dalam masa pemasangan.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply