PBB pastikan Israel lakukan kejahatan perang terhadap warga Palestina

Komite investigasi PBB terhadap kejahatan perang Israel memastikan Israel telah melakukan kejahatan perang terhadap warga Palestina. Israel diminta untuk segera menghentikan kejahatan tersebut.

BY 4adminEdited Tue,19 Mar 2019,10:05 AM

Jenewa, SPNA - PBB menyebutkan bahwa Israel bertanggung jawab terhadap kejahatan perang yang dilakukan terhadap warga Palestina sejak unjuk rasa The Great March of Return berlangsung.

Dalam sebuah pernyataannya di forum Dewan  Hak Asasi Manusia, Ketua Komite Investigasi Kejahatan Perang Israel PBB, Santiago Canton, mencela pemerintah Israel yang menolak bekerja sama. Israel juga tidak memberika izin bagi komite Internasional tersebut untuk masuk ke Palestina.

Canton mengatakan, laporan yang dikumpulkannya merupakan hasil wawancara terhadap 325 warga Palestina. Di antara mereka adalah pejabat pemerintah, saksi mata, korban kejahatan Israel dan berbagai sumber lainnya.

Kejahatan Israel terhadap warga Palestina dalam unjuk rasa perbatasan merupakan inti dari laporan PBB tersebut.

Ia mendesak Israel untuk membuka kembali blokade mereka dan membiarkan warga Palestina yang terluka untuk berobat keluar Palestina. Serta mengizinkan bantuan kesehatan luar negari untuk sampai ke Palestina.

Catatan kriminal Israel yang dirilis oleh Komite Hak Asasi Manusia pada Februari lalu menyebutkan, 189 warga Palestina meninggal, 6 ribu cedera, 106 terkena peluru panas dan 3098 warga lainnya terkena peluru karet dan gas air mata.

Sejak 30 Maret 2018, warga Gaza rutin menggelar demonstrasi di dekat pagar perbatasan Gaza-Israel. Mereka menuntut kembali ke tanah yang telah dicaplok Israel pada tahun 1948 dan menentang blokade Israel yang telah berlangsung selama 12 tahun.

Unjuk rasa damai tersebut direspon dengan brutal oleh militer Israel penjaga perbatasan. Serangan membabi buta Israel telah merenggut 271 jiwa rakyat Palestina dan mencederai 27 ribu warga lainnya.

(T.HN/S:Qudspress)                

leave a reply
Posting terakhir

PBB: Israel lakukan kejahatan perang terhadap ratusan demonstran Gaza

Sebelumnya, Badan Penyidik PBB telah merilis laporan bahwa IDF melakukan pelanggaran perang terhadap warga sipil.  Berdasarkan laporan tersebut, IDF telah  membunuh 183 warga Palestina yang berpartisipasi dalam demonstrasi Great March of Return, 35 korban adalah anak-anak, 3 paramedis serta 2 orang jurnalis.

Palestina Kutuk Kejahatan Pemukim dan Anggapnya Kejahatan Perang

Kementerian Luar Negeri, mengatakan bahwa pelanggaran dan kejahatan Israel yang terus meningkat di wilayah pendudukan Palestina merupakan bentuk terorisme negara yang terorganisir, di mana pasukan pendudukan dan pemukim Israel saling mendukung dalam melecehkan dan mengintimidasi penduduk Palestina.