Suriah berjanji akan rebut kembali Dataran Tinggi Golan

Pemerintah Suriah menegaskan bahwa seruan Trump untuk mengakui otoritas Israel terhadap Dataran Tinggi Golan adalah pelanggaran terhadap hukum internasional. Damaskus juga menegaskan akan merebut kembali wilayah tersebut

BY 4adminEdited Sat,23 Mar 2019,04:50 PM

Golan, SPNA - Pemerintah Suriah menegaskan bahwa seruan Trump untuk mengakui otoritas Israel terhadap Dataran Tinggi Golan adalah pelanggaran terhadap hukum internasional. Damaskus juga menegaskan akan merebut kembali wilayah tersebut, seperti dilansir Rt Arabic, Jum’at (22/03/2019).

Sebelumnya Presiden AS, Donald Trump menulis melalui akunnya di Twitter: “Setelah 52 tahun, sudah waktunya bagi AS untuk mengakui otoritas penuh Israel terhadap Dataran Tinggi Golan. Wilayah yang strategis untuk menjaga stabilitas Israel.”

Pernyataan Trump tersebut dikecam oleh lembaga internasional. Dewan HAM PBB menegaskan bahwa Golan adalah wilayah Suriah yang diduduki. HAM PBB juga mengecam keras pendudukan Israel atas Golan serta niat Trump untuk merestui langkah tersebut.

Sekilas tentang Golan

Dataran Tinggi Golan, adalah bukit batu yang terletak di barat daya Suriah. Wilayah strategis tersebut diduduki Israel tahun 1967.

Tahun 1973, militer Suriah berupaya merebut kembali Golan. Meskipun menderita banyak kerugian, namun Israel mampu menahan serangan pasukan Suriah. Kedua pihak kemudian menandatangani gencatan senjata pada 1974.

Tahun 1981 Israel mendeklarasi keputusan sepihak untuk menganeksasi Golan ke wilayahnya. Langkah ini ditentang oleh dunia internasioal. Sejak saat itu Israel gencar membangun permukiman ilegal di lokasi tersebut. 

Hingga saat ini terdapat 30 permukiman ilegal Israel di Golan.  20.000 warga Israel tinggal disana. Selain itu, 20.000 warga Suriah juga bermukim di Golan, sebagian besar dari mereka adalah sekte Druze.

Dataran Tinggi Golan berada 50 km dari kota ibukota Suriah, Damaskus. Wilayah Jabal Syaikh yang berada 2800 meter diatas permukaan laut adalah wilayah yang sangat strategis dan merupakan sumber air utama untuk Israel

Air hujan yang turun di Dataran Tinggi Golan mengalir air ke sungai Yordania yang menyuplai 1/3 kebutuhan air di Israel.

Wilayah tersebut juga merupakan wilayah subur. Berbagia jenis pohon, seperti apel dan anggur tumbur subur disini. Hingga saat ini Pemerintah Suriah masih berupaya merebut kembali wilayah Golan.

(T.RS/S:BBC)

leave a reply
Posting terakhir

PM Israel Tolak Lepaskan Dataran Tinggi Golan

Perdana Menteri Israel menegaskan tak akan melepas Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki.  Hal ini disampaikan menyusul pernyataan Menteri Luar Negeri AS, Antony J. Blinken, terkait Pengakuan AS atas Dataran Tinggi Golan di masa pemerintahan Trump