Erdogan: Status Hagia Sophia akan diubah menjadi masjid

"Ayasofya (Haghia Sophia) tidak akan lagi disebut museum. Statusnya akan berubah. Kami akan menyebutnya masjid," kata Erdogan.

BY 4adminEdited Thu,28 Mar 2019,02:37 PM

Ankara, SPNA - Museum Hagia Sophia di Istanbul akan diubah kembali menjadi masjid, kata Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Rabu (27/03/2019).

"Ayasofya (Haghia Sophia) tidak akan lagi disebut museum. Statusnya akan berubah. Kami akan menyebutnya masjid," kata Erdogan dalam program siaran langsung televisi.

Menghempaskan kritik terhadap keputusan para pejabat asing, Erdogan mengenang kebisuan mereka atas serangan terhadap Masjid Al-Aqsa Yerusalem.

"Mereka yang tetap diam ketika Masjid Al-Aqsa diserang, diinjak-injak, jendelanya dihancurkan, tidak dapat memberi tahu kami apa yang harus dilakukan tentang status Ayasofya," katanya.

Hagia Sophia, dijuluki "Keajaiban Dunia ke-8" oleh para sejarawan, adalah salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di dunia dalam hal seni dan sejarah arsitektur.

Bangunan ini digunakan sebagai gereja selama 916 tahun. Pada tahun 1453, masjid ini diubah menjadi masjid oleh Sultan Muhammad Al Fatih ketika Ottoman menaklukkan Istanbul.

Menyusul pekerjaan restorasi selama era Ottoman dan penambahan menara oleh arsitek Mimar Sinan, Hagia Sophia menjadi salah satu monumen terpenting dalam arsitektur dunia.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir