Sempat dikabarkan absen, As-Sisi berangkat ke Tunisia hadiri KTT Arab

Sejumlah Media Arab sempat meributkan kabar absennya As-Sisi dalam KTT Arab yang diadakan di Tunisia. Berita tersebut kemudian terbukti tidak benar setelah As-Sisi akhirnya tiba di Tunis hari ini, menghadiri pertemuan besar itu.

BY adminEdited Sun,31 Mar 2019,02:40 PM

Tunis, SPNA - Presiden Mesir, Abdel Fattah As-Sisi, Minggu (31/03/2019), tiba di Tunis untuk mengikuti KTT Arab. Turut hadir dalam acara tersebut Sekjen PBB, Antonio Guterres.

Kehadiran As-Sisi sekaligus membantah pemberitaan media Arab yang menyebutkan bahwa dirinya tidak akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi tersebut. As-Sisi disebutkan hanya akan mengutus Perdana Menteri atau Menteri Luar Negeri.

Konferensi yang berlangsung di ibu kota Tunis tersebut dihadiri oleh tokoh-tokoh penting dari pemimpin negara Arab. Di antaranya Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz, Amir Kuwait Syekh Sabah Al-Ahmad Al-Jaber Al-Sabah, Raja Yordania Abdullah II dan Presiden Irak Barham Salih serta Presiden Lebanon Michel Aoun.

Pertemuan pemimpin negara Arab tersebut akan membahas sejumah isu penting. Seperti permasalahan Palestina, konflik Yaman, Suriah dan Libia. Termasuk pengakuan Donald Trump terhadap kedaulatan Israel di Dataran Tinggi Golan.

Sebelum KTT tersebut berlangsung, para menteri dari negara tersebut telah mengadakan rapat pembukaan. Hasilnya mereka sepakat untuk mendukung Suriah atas kepemikan Golan dan menolak campur tangan Iran dalam kasus ini.

Sekjen Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, sebelum KTT berlangsung juga telah mengadakan pertemuan dengan Sekjen PBB, Guterres, guna membahas secara umum kerjasama kedua organisasi tersebut, sesuai dengan kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 1989.

(T.HN/S:Skynewarabi)

leave a reply
Posting terakhir

KTT Tunisia serukan negara Arab bersatu dan dukung penuh Palestina

Pemimpin Negara Arab dalam KTT tersebut menolak menjadikan batas negara sebagai harga perdamaian seperti yang dilakukan AS terhadap Golan. Selain itu mereka juga menentang intervensi Iran terhadap urusan dalam negeri di Negara Arab. Mereka menegaskan bahwa kebijakan Iran.

Titah Sekjen PBB di forum KTT Arab di Tunisia

Sekjen PBB, Antonio Guterres, mengatakan satu satunya inisitif untuk menghentikan konflik Palestina-Israel adalah dengan melaksanakan Solusi Dua Negera. Terkait Suriah, Ia mengajak semua pihak untuk menghormati batas kedaulatan masing-masing negara.

Presiden Abbas hadiri KTT Afrika di Ethiopia

Ethiopia, SPNA - Presiden Palestina Mahmoud Abbas tiba di ibukota Ethiopia, Addis Ababa Sabtu malam, (27/01/2018) untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Uni Afrika ke 30 yang akan diadakan hari ini.