Israel perluas area tangkapan ikan nelayan Gaza menjadi 15 mil dari pantai

Otoritas Israel kembali membuka area tangkapan ikan untuk para nelayan Gaza. Kebijakan tersebut merupakan salah satu poin kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Pejuang Palestina di Gaza.

BY 4adminEdited Mon,01 Apr 2019,02:39 PM

Gaza, SPNA - Otoritas militer Israel, Minggu (31/03/2019), mencabut larangan berlayar bagi nelayan Gaza dan memperluas area penangkapan ikan dari 6 mil menjadi 15 mil dari pantai Gaza. Keputusan tersebut mulai berlaku hari ini (Senin, 01/04/2019).

Kapten nelayan Palestina, Nizar Ayyasy, dalam sebuah wawancara bersama Qudspress mengatakan, sebelumnya kami telah diberitahukan oleh pihak berwenang bahwa otoritas militer Israel telah memperluas izin area tangkapan ikan.

Keputusan tersebut sudah berlaku sejak jam 6 pagi, Senin (01/04).

Para nelayan yang turun dari wilayah utara Gaza sampai ke pelabuhan pantai kota Gaza, mereka hanya boleh berlayar sejauh 6 mil. Dari pelabuhan sampai ke wilayah tengah Gaza, area sedikit diperluas menjadi 12 mil. Sedangkan dari tengah sampai ke selatan, para nelayan boleh berlayar sampai 15 mil.

Izin Israel ini keluar pasca pelarangan berlayar selama satu minggu, akibat tembakan roket pejuang Palestina ke Tel Aviv pada Senin (25/03/2019).   

Perluasan area penangkapan ikan dan kembali dibukanya jalur penyeberangan merupakan salah satu poin kesepakatan gencatan senjata antara Israel dan Pejuang Gaza yang dimediatori oleh pihak Mesir.

Delegasi Mesir disebutkan telah meninggalkan Gaza, kemarin (Minggu, 31/03), setelah mengadakan pertemuan dengan sejumlah pemimpin faksi Palestina.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Israel Kurangi Batas Area Penangkapan Ikan Untuk Nelayan Gaza

 Israel mengurangi area penangkapan ikan dari 15 mil menjadi 10 mil untuk wilayah Rafah sampai Jalur Gaza tengah. Sementara dari Jalur Gaza tengah hingga ke utara nelayan hanya diizinkan menangkap ikan di jarak 6 mil saja, terang penanggung jawab nelayan Palestina tersebut.