Israel berencana mengakomodasi 250.000 pemukim untuk tinggal di DT. Golan

Rincian rencana itu datang satu minggu setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan.

BY 4adminEdited Tue,02 Apr 2019,02:43 PM

Yerusalem, SPNA - Kementerian Perumahan Israel telah menyiapkan rencana yang menyerukan pembangunan puluhan ribu unit permukiman untuk menampung 250.000 pemukim pada tahun 2048 di Golan Suriah.

Rincian rencana itu datang satu minggu setelah Presiden AS Donald Trump menyatakan kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan, yang diduduki pada tahun 1976 bersama dengan Tepi Barat dan Gaza.

KTT Arab yang diadakan di Tunisia menegaskan kembali penolakannya terhadap deklarasi presiden Amerika.

Menurut stasiun radio resmi Israel Makan, rencana itu, dirancang dan disiapkan oleh Kementerian Perumahan dan bekerja sama dengan Dewan Daerah Golan, dewan penyelesaian Katzrin dan gerakan Or, termasuk pembangunan 30.000 unit pemukiman di pemukiman Ketzrin , dan pendirian dua pemukiman baru di Golan, serta menyediakan 45.000 pekerjaan baru dan investasi dalam infrastruktur yang berkaitan dengan transportasi dan pariwisata, selain menghubungkan Golan ke jaringan transportasi di "Israel".

Rencana tersebut juga bertujuan untuk mengembangkan proyek-proyek wisata dan mendorong pariwisata, untuk mengevakuasi 80.000 dunum ladang ranjau dan untuk mempersiapkan proyek-proyek pengembangan pariwisata, komersial dan perumahan.

Mengomentari Deklarasi Trump tentang Golan, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan, "Setiap resolusi mengenai konflik di Suriah harus menjamin integritas geografis dan teritorialnya, termasuk wilayah pendudukan Dataran Tinggi Golan."

Menteri Luar Negeri Uni Eropa Federica Mugrini, yang ikut memimpin KTT Liga Negara-negara Arab, mengatakan, "Mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB bukanlah solusi."

(T.RA/S: PNN)

leave a reply
Posting terakhir