Israel tarik Duta Besar dari Afrika Selatan

Pasca berlangsungnya setahun ketegangan antara Israel dan Afrika Selatan, negara Yahudi tersebut mengumumkan penarikan Duta Besar mereka dari Cape Town. Keretakan hubungan kedua negara bermula dari protes Afrika Selatan terhadap pembunuhan warga Gaza yang dilakukan oleh militer Israel.

BY adminEdited Sun,07 Apr 2019,03:06 PM

Nazareth, SPNA - Media Israel memberitakan bahwa negara tersebut akan menarik Duta Besar mereka di Afrika Selatan, Arthur Link, akibat ketegangan yang terjadi antara kedua negara.

Ketegangan antara Tel Aviv dan Afrika Selatan disebabkan protes Afrika Selatan terhadap kekerasan yang dilakukan oleh militer Israel terhadap demonstran di Jalur Gaza.

Lindiwe Sisulu, Menteri Luar Negari Afrika Selatan, Hari ini (Minggu, 07/04/2019), mengumumkan bahwa negaranya tidak berniat untuk mengirim kembali Duta Besarnya ke Israel pasca penarikan tahun lalu.

Afrika Selatan pada 14 Mei tahun lalu menarik Duta Besar mereka di Israel, Cisa Nogembani, sebagai bentuk protes atas pembunuhan 60 demonstran Gaza oleh miter Israel. Insiden tersebut terjadi pasca pemindahan Kedutaan Besar Amerika dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Pemerintaha Afrika Selatan saat itu terang-terangan menentang aksi pembunuhan warga sipil oleh Israel. Warga Afrika Selatan juga menggelar sejumlah unjuk rasa meminta pemerintah memutuskan hubungan diplomatik dengan negara Yahudi tersebut.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir

Afrika Selatan akan segera menarik Duta Besarnya dari Israel

Pemerintah Afrika Selatan, Senin (14/05/2018), mengecam keras agresi kekerasan yang dilancarkan pasukan bersenjata Israel di sepanjang perbatasan Gaza, yang telah menyebabkan kematian 52 pengunjuk rasa damai, yang memprotes peresmian kedutaan AS di Yerusalem.