Putin komentari pengakuan Amerika terhadap Golan

utin akhirnya buka mulut terkait pengakuan Amerika terhadap salah satu wilayah Suriah, Golan, untuk Israel. Putin mengatakan pengakuan tersebut bertentangan dengan keputusan Dewan Keamanan PBB.

BY 4adminEdited Tue,09 Apr 2019,02:51 PM

Bethlehem, SPNA - Presiden Rusia, Vladimir Putin, akhirnya ikut berkomentar terkait pengakuan Amerika terhadap kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Dalam pernyataanya Putin mengecam keputusan ilegal Amerika tersebut.

Saat menjawab pertanyaan dari wartawan dalam sesi tanya jawab jumpa pers bersama dengan Erdogan di Moskow, Putin mengatakan, “Terkait pengakuan Golan, Anda telah mengetahui sikap resmi Rusia melalui pernyataan Kementerian Luar Negeri.”

“Pengakuan tersebut bertentangan dengan keputusan Dewan Keamanan PBB.” Tambah Putin.

Jawaban Putin ini merupakan pernyataan sikap secara terang-terangan dari Pemerintah Rusia tersebut terhadap kasus Golan.

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, Senin (25/03/2019), menandatangani surat pengakuan Amerika terhadap kepemilikan Israel atas Daratan Tinggi Golan Suriah.

Penandatanganan tersebut berlangsung dalam jumpa pers bersama antara Donald Trump dan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu di Washington.

Trump dalam pidatonya mengatakan bahwa perjanjian perdamaian apapun di waktu yang akan datang harus dapat menjaga hak Israel untuk melindungi dirinya. Baik dari ancaman Suriah atau Iran.

“Kerja sama Washington dan Tel Aviv tidak bisa dipisahkan, dan belum pernah sekuat ini.” Tambah Trump.

Dari pihak Israel, Netanyahu mengapresiasikan dukungan yang diberikan oleh Amerika tersebut. Netanyahu mengatakan bawah Amerika telah memenuhi semua janji-janjinya. Mulai dari keluar dari kesepakatan nuklir Iran, hukuman ekonomi terhadap Taheran, pengakuan Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel dan pemindahan Kedubes dari Tel Aviv ke Yerusalem, serta mengakui kedaulatan Israel terhadap Golan.

Bibi, sapaan akrab Netanyahu, mengatakan keputusan Amerika terkait Golan sangat berani. Dan datang di waktu yang tepat saat Iran sedang membangun pangkalan militernya di Suriah untuk menyerang Israel.

(T.HN/S: Maannews)

leave a reply
Posting terakhir

Amerika agendakan pengakuan dataran tinggi Golan untuk Israel

Senat Amerika minggu ini sedang mendiskusikan rencana pengakuan Amerika Serikat terhadap Dataran Tinggi Golan sebagai bagian dari negara Israel. Pengakuan tersebut merupakan permintaan Netanyahu sebagai ganti rugi atas penarikan pasukan Amerika dari Suriah.