Amerika ancam Mesir atas pembelian pesawat tempur Su-35 dari Rusia

Amerika memberikan ancaman serius kepada Mesir jika Negeri Piramida tersebut melangsungkan negosiasi pembelian peralatan perang dengan Rusia. Pernyataan tersebut disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo bersamaan dengan kunjungan Presiden Mesir ke Washington.

BY 4adminEdited Wed,10 Apr 2019,02:21 PM

Washington, SPNA - Amerika Serikat mengancam akan memberikan hukuman kepada Mesir jika negara tersebut membeli pesawat tempur jenis Su-35 dari Rusia.

Menteri Luar Negeri Amerika, Mike Pompeo, dalam sebuah pernyataannya hari ini di depan Kongres Amerika mengatakan, “Kita sudah menjelaskan bahwa jika Mesir melakukan negosiasi tersebut, sesuai dengan Undang-Undang, mereka akan mendapatkan hukumannya.”

Pompeo menambahkan, “Sampai saat ini mereka telah memberikan respon yang baik, kita berharap mereka tidak melakukan pembelian tersebut.”

Penyataan tersebut disampaikan bersamaan dengan kunjungan Presiden Mesir Abdul Fattah As-Sisi ke Amerika untuk betemu dengan Donald Trump.

Amerika terus mengancam negara lain yang ingin membeli alat perang dari Rusia. Mereka memberikan hukuman sesuai dengan Undang-Undang pertahanan Amerika terhadap negara saingannya, yang ditandatangani Donald Trump pada 3 Agustus tahun 2017. Dengan tujuan menekan Rusia.

Media Rusia, kommersant, beberapa waktu lalu membenarkan adanya negosiasi senjata antara Moskow dan Kairo.

Situs tersebut menyebutkan bahwa Mesir berniat meminang 20 pesawat tempur Rusia dan sejumlah peralatan militer lainnya dengan harga miliaran USD. Negosiasi tersebut telah memasuki kata sepakat pada akhir 2018 lalu. Rusia kabarnya  akan mulai mengirimkan pasokan peralatan militer tersebut pada tahun 2020 atau 2021.

(T.HN/S: qudspress)

leave a reply
Posting terakhir