Lagi, seorang remaja Gaza gugur ditembak pasukan Israel

Seorang remaja Palestina dilaporkan gugur akibat luka tembak. Muyasireh Musa, remaja Palestina berusia 15 tahun ditembak pasukan pendudukan Israel (IDF) di bagian perut ketika berpartisipasi dalam aksi Great March of Return, Jum’at (12/04/2019)

BY 4adminEdited Sat,13 Apr 2019,11:52 AM

Jalur Gaza, SPNA - Seorang remaja Palestina dilaporkan gugur akibat luka tembak. Muyasireh Musa, remaja Palestina berusia 15 tahun ditembak pasukan pendudukan Israel (IDF) di bagian perut ketika berpartisipasi dalam aksi Great March of Return, Jum’at (12/04/2019)

Sementara itu Kemenetrian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza menambahkan bahwa 66 warga Palestina menderita luka tembak, 4 dari mereka adalah paramedis.

IDF juga menghujani gas air mata terhadpa demonstran di Kamp El-Bureij, Jalur Gaza tengah.

Warga Gaza kembali menggelar demonstrasi Great March of Return pekan ke 54, usai sholat Jum’at kemarin (12/04/2019).

Great March of Return adalah demonstrasi masal yang digelar setiap pekan sejak setahun 30 Maret 2018 silam. Aksi ini bertujuan untuk menuntut Israel agar menghapus blokade terhadap Gaza serta memulangkan kembali warga Palestina yang dideportasi.

Sejak digelar setahun lalu, Great March of Return telah menelan lebih dari 260 korban jiwa dan  29382 korban luka-luka.

Jalur Gaza adalah wilayah yang terisoliasi akibat blokade yang telah berlangsung selama lebih dari 11 tahun.  Di masa itu, Gaza hancur lebur akibat 3 perang besar tahun 2009, 2012 serta 2014 yang melumpuhkan seluruh sektor kehidupan di Gaza.

Situasi ini diperparah setelah Pemerintah AS bulan lalu menghentikan donasinya terhadap Badan Bantuan PBB untuk Pengungsi Palestina UNRWA yang merupakan tulang punggung sebagian besar rakyat Gaza.

Awal 2018 lalu, Sekjen PBB, Antonio Guterres bahkan telah menegaskan bahwa Gaza yang memiliki populasi dua juta jiwa tersebut akan menjadi wilayah tak layak huni pada tahun 2020.

Sementara itu Profesor Hubungan Internasional Universitas Oxford, Avi Shlaim mengatakan bahwa Israel telah mengubah Jalur Gaza menjadi penjara terbesar di dunia. 

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir