Bersamaan dengan kebakaran besar di Katedral Notre-Dame Perancis, kompleks Masjid Al-Aqsa dilahap api

Berdasarkan keterangan surat kabar Palestina, api menjalar di atap musholla yang dibangun di era Umawi tersebut. Namun pemadam kebakaran lembaga Wakaf Palestina berhasil menangani situasi.

BY 4adminEdited Tue,16 Apr 2019,03:26 PM

Al-Quds, SPNA - Kebakaran dilaporkan melahap salah satu kamar pengurus Masjid Al-Aqsa Al-Mubarak di Musholla Al-Marwani, Senin malam (15/04/2019).

Berdasarkan keterangan surat kabar Palestina, api menjalar di atap musholla yang dibangun di era Umawi tersebut. Namun pemadam kebakaran lembaga Wakaf Palestina berhasil menangani situasi.

Sementara itu Presiden Palestina Mahmoud Abbas menyayangkan kebakaran yang terjadi di lokasi bersejarah tersebut. Hingga saat ini penyebab kebakaran belum diketahui.

Abbas dalam pernyataan yang dilansir surat kabar resmi pemerintah Palestina, Wafa news, juga menyampaikan belasungkawa atas musibah kebakaran di Katedral Notre Dame, Paris.  Beliau juga mengecam setiap upaya menargetkan rumah ibadah.

Kebakaran di Musholla al-Marwani terjadi bersamaan dengan kebakaran besar di Katedral Notre Dame di Perancis yang menghancurkan menara dan atap bangunan berusia 850 tahun tersebut.

Musholla al-Marwani adalah situs bersejarah yang dibangun oleh Dinasti Umawi yang terletak di lantai bawah halaman Masjid Al-aqsa bagian tenggara.

Tembok Musholla tersebut bersatu dengan tembok Masjiq Aqsa yang menjadi pembatas kota Al-Quds lama. Bangunan ini memmiliki 16 koridor yang luarnya mencapai 4 dunam atau setara dengan 4000 meter persegi serta menjadi Musholla halaman Al-Aqsa yang terluas.

(T.RS/S:Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir

Kebakaran besar di Lebanon, 105 wilayah dilahap api

Menurut laporan pertahanan Sipil Lebanon, kebakaran disebabkan peningkatan suhu dan meningkatnya kecepatan angin. Tercatat sekitar 105 wilayah di Lebanon dilahap api dalam 24 jam terakhir dan sebagian masih dalam proses pemadaman.