Guna meningkatkan literasi astronomi, Universitas Al-Quds meluncurkan Himpunan Astronomi pertama di Palestina

Lembaga ini bertujuan untuk memberantas buta aksara astronomi dan selanjutnya menyebarkan pengetahuan tentang ilmu ini melalui mengadakan berbagai acara dan kegiatan astronomi.

BY 4adminEdited Fri,19 Apr 2019,12:11 PM

Yerusalem, SPNA - Di bawah pimpinan presidennya, Profesor Imad Abu Kishek, dan dalam kemitraan dengan Masyarakat Astronomi dan Antariksa NOVA, Universitas Al-Quds meluncurkan Himpunan Astronomi pertama, sebagai langkah menuju penguatan literasi astronomi di kalangan mahasiswa dari semua disiplin ilmu.

Himpunan, yang didirikan atas inisiatif siswa dari fakultas fisika ini, bertujuan untuk mengekspos mahasiswa yang tertarik pada dasar-dasar dan prinsip-prinsip astronomi, dan untuk meningkatkan kesadaran terkait hal ini.

Melalui seminar dan kursus pelatihan yang dilakukan oleh anggota himpunan, lembaga ini juga bertujuan untuk mengembangkan dan meningkatkan kerja sama penelitian interdisipliner antara universitas dan lembaga ilmiah lainnya, serta lembaga yang tertarik pada astronomi.

Kepala Departemen Fisika di Universitas Al-Quds, Dr. Musa Abu Teir mengatakan bahwa anggota himpunan akan memantau matahari dan bulan, bulan sabit dan mengamati fenomena astronomi lainnya.

“Lembaga akan menerima dukungan dari NOVA Society, termasuk pelatihan untuk para pendiri dan anggota, di samping menyediakan peralatan, yang mencakup teleskop elektronik beserta lensa dan filter yang sudah dikirim ke lembaga sebagai sumbangan yang dari Mahmoud Surri, Direktur Jenderal Perusahaan Surri Bros, Perusahaan untuk Kontraktor Umum, melalui Asosiasi,” kata Dr. Abu Teir.

Dekan Fakultas Sains dan Teknologi di universitas, Dr. Mohammad Abul Haj memuji prestasi ini dengan menyatakan penghargaan kepada mereka yang telah mengupayakannya, terutama Departemen Fisika. Langkah ini menunjukkan pentingnya membangun himpunan ekstrakurikuler non-tradisional seperti yang bersifat ilmiah. Bagaiman pun, hal itu diperlukan guna menambah pengetahuan besar tentang disiplin ilmu baru kepada mahasiswa, dan memperluas keterampilan inovatif dan kreatif mereka.

“Mendirikan himpunan ini berasal dari kepercayaan universitas akan kreativitas dan kecerdasan siswa dan staf pengajarnya,” Dr. Abul Hajj menekankan.

Mahasiswa fisika dan anggota himpunan, Mohammed Awawdeh mengatakan bahwa lembaga tersebut bertujuan untuk memberantas buta aksara astronomi dan selanjutnya menyebarkan pengetahuan tentang ilmu ini melalui mengadakan berbagai acara dan kegiatan astronomi.

"Kegiatan tersebut akan mencakup malam pengamatan astronomi dan kuliah, di samping memastikan memiliki liputan media yang luas, terutama pada platform media sosial, untuk membantu menyebarkan ilmu ini," tambah Awawdeh.

Patut dicatat bahwa Universitas Al-Quds didedikasikan untuk meningkatkan level akademik dan intelektual siswa melalui pengembangan berbagai program ilmiah yang berkontribusi pada kompetensi siswa. Sementara itu, Departemen Fisika di Universitas terus bekerja untuk mencapai tujuan masa depannya yaitu meningkatkan kerja sama dengan lembaga ilmu pengetahuan dan penelitian lainnya di Palestina, di mana himpunan ini menjadi salah satu langkah terpenting dalam mencapai tujuan tersebut.

(T.RA/S: PNN)

leave a reply
Posting terakhir

POHA meluncurkan Peta Interaktif Sejarah Palestina

Peta interaktif ini memungkinkan pengguna untuk mendengarkan kesaksian "dalam konteks peta bersejarah terperinci dari tahun 1940-an yang dibantu oleh Visualisasi Palestina tersedia melalui Palestine Open Maps."