Netanyahu habiskan liburan bersama keluarga di Golan

Benjamin Netanyahu memposting keakrabannya bersama keluarga saat berlibur ke Dataran Tinggi Golan. Dalam postingan tersebut ia menuliskan, “Betapa indahnya dirimu wahai tanah Israel.”

BY 4adminEdited Wed,24 Apr 2019,03:27 PM

Nazareth, SPNA - Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memposting sebuah gambar di sosial media, saat dirinya dan keluarga berlibur ke Dataran Tinggi Golan, wilayah Suriah yang baru saja diklaim milik Israel oleh Amerika Serikat.

Pada foto tersebut, Netanyahu menuliskan keterangan, “Saya bersama keluarga baru saja mendatangi salah satu Gereja (Yahudi) kuno di Kafr Nujum dan salah satu situs warisan dunia di Golan. Betapa indahnya dirimu wahai tanah Israel.”

Satu bulan yang lalu, Presiden Amerika, Donald Trump, telah mengumumkan kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Keputusan yang memancing pertentangan dari sebagian besar dunia internasional.

Dataran Tinggi Golan sejatinya merupakan wilayah Suriah yang dikuasai Israel sejak Juni 1967. Israel menolak untuk mundur dari wilayah tersebut meski telah dikeluarkan keputusan Dewan Keamanan PBB pada Desember 1981. Keputusan DK PBB tersebut menganggap ilegal keberadaan Israel di wilayah Golan.

Beberapa negara Eropa yang merupakan anggota Dewan Keamanan PBB, Perancis, Jerman, Polandia, Inggris dan Belgia, pasca pengumuman Donald Trump, melakukan jumpa pers bersama.

Dalam pernyataan di depan wartawan mereka mengatakan bahwa pengumuman Donald Trump merupakan keputusan sepihak yang bertentangan dengan instruksi PBB dan mengingkari konsensus internasional.

Pihak Suriah sendiri telah medeklarasikan bahwa mereka akan mengambil kembali wilayah tersebut meski dengan menggunakan kekuatan militer.

(T.HN/S: Eldiwan)

leave a reply
Posting terakhir