Peringati hari Pembebasan Sinai, Mesir bebaskan 3094 tahanan

Dalam rangka memperingati hari pembebasan Sinai dari Israel, Mesir membebaskan 3094 tahanannya. Kemendagri Mesir menyebutkan bahwa pembebasan tersebut merupakan grasi dari Presiden.

BY adminEdited Thu,25 Apr 2019,01:28 PM

Kairo, SPNA - Pemerintah Mesir, Rabu (24/04/2019), mengumumkan pemberian grasi kepada 3094 tahanannya, dalam rangka memperingati hari pembebasan Sinai. Pembebasan ribuan tahanan tersebut disebutkan atas dasar intruksi Presiden.

Dari sebuah pernyataan Kementerian Dalam Negeri Mesir dinukilkan, keputusan tersebut merupakan tindak lanjut dari perintah Presiden yang memberikan grasi bagi tahanan yang telah menghabiskan sebagian masa tahananya.

Otoritas penjara Mesir telah membentuk tim gabungan dari seluruh penjara untuk menentukan siapa saja yang berhak untuk mendapatkan grasi tersebut.

Hari pembebesan Sinai merupakan momen penarikan pasukan Israel dari wilayah tersebut pada tahun 1982 atas dasar perjanjian Camp David. Hari pembebasan tersebut diperingati setiap tangga 25 April dan merupakan salah satu hari libur nasional Mesir.

Tidak ada informasi yang menyebutkan apakah para tahanan politik juga termasuk di antara mereka yang mendapatkan grasi presiden ataupun tidak.

Situs Alkhaleejonine menyebutkan bahwa pembebesan berjamaah tersebut ada kaitannya dengan tekanan negara internasiona terhadap Mesir. Mesir dianggap mengekang kebebebasan berpendapat dengan menanggkap mereka yang menyerukan perubahan.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply