Setelah mempersempit laut Gaza, Israel sebarkan Iron Dome di perbatasan

Israel memperkuat perbatasan dengan menyebarkan iron dome di sepanjang perbatasannya dengan Gaza, Selasa (30/04) sore. Beberapa waktu sebelumnya, mereka juga telah mempersempit kembali area laut Gaza.

BY adminEdited Wed,01 May 2019,03:04 PM

Gaza, SPNA - Selain mempersempit area tangkapan ikan nelayan Gaza menjadi enam mil, Militer Israel, Selasa (30/04/2019), juga menyebarkan sistem pertahanan roket dan rudal Israel (Iron Dome) di sekitaran perbatasan Gaza.

Ketegangan ini terjadi pasca klaim Israel terhadap penembakan sejumlah roket dari Gaza yang jatuh di wilayah Israel pada hari Senin.

Otoritas Israel, awal April lalu telah memperluas area laut Gaza menjadi 15 mil dari pantai. Perluasan tersebut merupakan hasil kesepakatan gencatan senjata antara pejuang Palestina dan Israel melalui mediasi Mesir.

Juru bicara militer Israel mengatakan penyempitan area tangkapan ikan nelayan tersebut merupakan balasan terhadap roket pejuang Gaza yang ditembakkan dan jatuh di parairan Israel, Ashdots.

Militer Israel menuduh serangan tersebut dilakukan oleh Gerakan Jihad Islami Gaza di wilayah Al-Athatharah.

Merespon tuduhan tersebut, Jihad Islami mengingatkan Israel untuk tidak bermain api. Mereka mengatakan akan tetap teguh berjuang untuk mengambil hak mereka dari tangan penjajah.

Komite Nasional Demonstrasi warga beberapa hari lalu mengatakan bahwa Israel sengaja mengundur penerapan poin-poin kesepakatan gencatan senjatanya dengan pejuang Palestina di Gaza.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply
Posting terakhir