Mesir resmikan jembatan gantung terlebar di dunia

Pemerintahan Mesir sedang berpacu dengan waktu demi membangun infrastruktur negara. Proyek jembatan gantung yang baru selesai dibangun berhasil memecahkan rekor dunia.

BY 4adminEdited Thu,16 May 2019,02:37 PM

Kairo, SPNA - Presiden Mesir, Abdel Fattah As-Sisi, Rabu (15/05/2019), meresmikan jembatan gantung terlebar di dunia, yang terbentang di atas sungai nil, Kairo.

Jembatan gantung tersebut merupakan salah satu program besar pemerintahan Mesir guna memperbaiki infrastruktur negara dan pengadaan lapangan kerja bagi warganya.

Selain itu juga bertujuan mengatasi kemacetan di ibu kota Kairo, wilayah Syubra. Dibangun dengan lebar seluas 67,3 m dan terdiri dari dua arah, masing-masing dengan enam jalur lalu lintas.

Jembatan yang diberi nama jembatan Tahya Mishr dicatat buku Rekor Dunia Guinness, sebagai jalan layang terlebar di dunia.

Rekor sebelumnya di pegang Kanada saat membangun jembatan Port Mann selebar 65 m pada tahun 2012.

Keistimewaan lainnya, jembatan yang dibangun oleh salah satu perusahaan kontraktor Mesir, Al-Muqawalun Al-Arab, diselesaikan dengan menggunakan seratus persen pekerja lokal. 

Jembatan itu nantinya akan dijadikan sebagai salah satu tambahan tujuan wisata. Di kiri dan kanan jembatan terdapat jalur kaca bagi pejalan kaki yang ingin menikmati panorama sungai nil.

Sayangnya, beberapa saat pasca peresmian, tersebar foto memperlihatkan jalur kaca tersebut telah rusak dan pecah. Berita itu kemudian menjadi ramai diperbincangkan di media sosial.

Hani Yunus, Penasihat Media untuk Perdana Menteri, langsung menafikan kerusakan tersebut. Ia mengatakan foto yang tersebar diambil saat jembatan masih dalam tahap pengerjaan. Ia juga menambahkan bahwa jembatan tersebut telah melewati tahap pengujian keamanan.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir