Israel kembali persempit area penangkapan ikan nelayan Gaza

Pasca protes yang berlangsung dua hari lalu (Rabu, 15/05), Israel kembali perketat pagar perbatasan dengan Palestina. Mereka juga mempersempit wilayah tangkapan ikan nelayan Gaza menjadi lima mil.

BY 4adminEdited Fri,17 May 2019,12:24 PM

Quds Press - Gaza

Gaza, SPNA – Angkatan Laut Israel, Kamis (16/05/2019), kembali membatasi wilayah tangkapan ikan nelayan Palestina menjadi lima mil dari pantai.

Informasi tersebut diperoleh media lokal Palestina dari para nelayan, saat pasukan penjaga perbatasan laut Israel menghalau mereka saat berlayar di laut Gaza.Israel hanya membolehkan warga Gaza untuk berlayar sejauh lima mil dari bibir pantai.

Zakariya Bakar, ketua Komite Pelanggaran Israel terhadap Nelayan, mengatakan perubahan kebijakan Israel tersebut tidak disampaikan secara resmi kepada pihak Palestina Gaza. Pesan tersebut langsung disampaikan AL Israel kepada para nelayan dengan menggunakan pengeras suara.

Perlu diketahui, pemerintah Israel pada hari Jumat lalu (10/05/2019)telah memperluas kembalilaut Gazamenjadi 12 mil. Hal tersebut merupakan salah satu poin kesepakatan gencatan senjata antara pejuang Palestina dan Militer Israel.

Pembatasan wilayah laut Gaza biasanya dilakukan untuk menjaga perbatasan.Atau pada saat Israel mencium ketegangan dan ancaman serangan dari pejuang Palestina di Gaza.

Hal yang sama terjadi dua pekan lalu, beberapa hari sebelum agresi udara Israel terakhir ke Gaza, Sabtu sampai Senin (4-6)awal bulan ini. Sebelum jual beli serangan terjadi, Israel telah lebih dulu mengunci wilayah laut Gaza.

Hari ini, Jumat (17/05), seperti biasanya warga Gaza akan menggelar unjuk rasa The Great March di sepanjang perbatasan Israel. Rabu dua hari lalu, puluhan warga Palestina juga dilaporkan cedera akibat serangan Israel dalam aksi peringatan tragedi Nakabah yang ke-71.

(T.HN/S: Qudspress)

leave a reply