Laporan: Hamas gunakan senjata baru yang hampir melumpuhkan pertahanan Israel

Hamas juga dilaporkan berhasil mengembangkan pesawat tanpa awak,  drone, yang membawa rudal anti-tank.

BY 4adminEdited Sat,18 May 2019,02:52 PM

Jalur Gaza, SPNA - Channel 7 Israel melaporkan, Jum’at (17/05/2019) bahwa Hamas menggunakan senjata jenis baru dalam agresi militer terakhir di Jalur Gaza.

Hamas juga dilaporkan berhasil mengembangkan pesawat tanpa awak,  drone, yang membawa rudal anti-tank.

Senjata tersebut digunakan Hamas menargetkan sistem pertahanan rudal “Iron Dome” Israel, Yediot Ahronot melaporkan.

Selain itu, Hamas juga menggunakan kapal bantalan udara pembom menargetkan kendaraan militer IDF namun gagal.

“Sejak 4 tahun lalu Hamas telah mengembangkan pesawat tanpa awak untuk melakukan serangan ke Israel dan langkah ini akan terus berlanjut dalam fase berikutnya.

Sebagian besar drone dipasok ke Gaza melalui penyelundupan. Pihak berwenang Israel juga telah menyita 172 paket kiriman yang berisi peralatan militer di perbatasan Erez.

Sebagian besar peralatan tersebut dipesan melalui situs penjualan elektronik seperti “Ali Baba”.

Surat kabar Maariv Israel sebelumnya melaporkan bahwa Iron Dome tidak bekerja secara maksimal mencegat rudal gerakan perlawanan Palestina dalam agresi terakhir di Jalur Gaza.

Maariv melanjutkan bahwa IDF hanya memiliki 10 baterai untuk Iron Dome. Jumlah ini dinilai tidak cukup untuk mencegat puluhan roket yang ditembakkan ke Israel dalam waktu bersamaan, ditambah biaya satu rudal Iron Dome ditaksir mencapai 70 ribu dolar.

Maariv menambahkan bahwa Hamas dan Jihad Islam berhasil menembak 700 roket dalam eskalasi awai Mei lalu, 117 diantaranya diluncurkan dalam waktu kurang dari satu jam, beberapa bahkan menargetkan baterai Iron Dome.

“Hal ini menunjukkan kinerja yang luar biasa, kontrol serta koordinasi antara pejuang Palestina, Mereka berhasil mencapai lebih banyak target dan melumpuhkan Iron Dome, ‘’ tulis surat kabar Israel tersebut seperti dikutip Ramallah News.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir

Jenderal Israel: Tidak Mungkin Melumpuhkan Jalur Gaza Secara Total

Ia menunjukkan bahwa kelompok perjuangan dan perlawanan Palestina di Jalur Gaza hanya berhasil meluncurkan ratusan roket per hari. Toledano mencatat bahwa pemimpin tentara pendudukan Israel pada saat ini sedang berusaha menemukan solusi terhadap roket-roket kelompok perjuang Palestina.