Militer Israel langsungkan latihan udara memakai pesawat siluman F-35 Amerika

Untuk mempersipkan kekuatan udara, Israel melangsungkan latihan perang dengan melibatkan pesawat tempur F-35 buatan Amerika Serikat. ‘Mata Udara’ Israel tersebut merupakan yang paling berbahaya di Timur Tengah.

BY 4adminEdited Wed,19 Jun 2019,11:09 AM

Tel Aviv, SPNA - Angkatan Udara Israel mengumumkan pelaksanaan latihan udara dengan menggunakan pesawat tempur produksi Amerika, F-35. Simulasi perang tersebut bertujuan mengantisipasi serangan dari berbagai arah.

Juru bicara militer Israel, Avichay Adraee, mengatakan, “Latihan ini bertujuan memperkuat AU Israel, untuk meladeni setiap skenario perang yang mungkin terjadi.”

Seperti dilansir RT. Arabic, dalam pernyataan yang disampaikan kemarin (Selasa, 18/06), Adraee menambahkan selain menggunakan pesawat tempur, militer juga melibatkan helikopter, sistem pertahana rudal (iron dome) dan perangkat pemantauan.

Seorang perwira senior di kesatuan militer Israel menyebutkan bahwa ini merupakan latihan pertama kalinya dengan menggunakan F-35. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan militer Israel telah mengalami peningkatan.

Awal bulan lalu, media Israel melaporkan bahwa militer mereka baru saja melangsungkan latihan perang di perbatasan Lebanon. Mereka diberitakan sempat memasuki salah satu perkampungan Lebanon dan terlibat perang dengan pejuang Hizbullah.

Pada Desember 2008, Israel juga sempat melakukan operasi pengamanan perbatasan di bagian Utara negara. Operasi yang diberi nama “Perisai Utara” tersebut bertujuan membongkar terowongan bawah tanah yang dibangun kelompok Hizbullah Lebanon.

Setelah berhasil menemukan beberapa terowongan, Israel mengumumkan bahwa perbatasan darat mereka telah aman dari ‘lubang tikus’ yang mungkin digunakan musuh untuk menyerang Israel.

Media menyebutkan latihan perang Israel ini merupakan bukti ketegangan yang sedang berlangsung antara Israel dan Lebanon.

Pesawat tempur F-35 Israel merupakan yang paling canggih di wilayah Timur Tengah. Israel, seperti disebutkan media Amerika, April lalu, dapat menggunakan senjata udara tersebut untuk mengancam Suriah dan Iran.

Israel saat ini telah memiliki sembilan unit F-35. Jumlah tersebut akan bertambah menjadi 50 unit pada periode tiga tahun ke depan.

Situs The National Interest menyebutkan, F-35 Israel berada di atas level F-14 dan MiG-29. Ia juga lebih berbahaya dibandingkan F-4 Iran dan MiG milik Suriah.  Senjata Israel itu  disebutkan dapat mengancam sistem pertahana udara Suriah yang diperkuat S-300 dan Pantsir.

 (T.HN/S: Arabic.Rt)

leave a reply