Netanyahu resmikan permukiman “Trump Heights” di Dataran Tinggi Golan yang diduduki

Netanyahu mengatakan bahwa  Presiden Trump dijadikan nama untuk permukiman tersebut demi menghormati Presiden Trump yang telah banyak mendukung Israel terutama terkait deklarasi AS bahwa Al-Quds dan Dt Golan adalah milik Tel Aviv.

BY 4adminEdited Thu,20 Jun 2019,03:36 PM

Al-Quds, SPNA - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu meresmikanpermukiman “Trump Heights” yang baru selesai dibangun di Dataran Tinggi Golan.

Netanyahu mengatakan bahwa langkah ini adalah untuk menghormati Presiden Trump yang telah banyak mendukung Israel terutama terkait deklarasi bahwa Al-Quds dan Dt Golan adalah milik Tel Aviv.

Dilansir oleh BBC, Amerika Serikat menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan Israel atas DT Golan yang diduduki pada tahun 1967 yang kemudian dianeksasi pada tahun 1981.

“Ini adalah hari bersejarah dan Donald Trump adalah sahabat sejati bagi Israel,’’ ujar Netanyahu dalam pidato acara peresmian.

Sebelumnya Netanyahu telah berjanji akan membangun “Trump Heights” jika Presiden AS tersebut berani melanggar sikap  pemerintahan AS dengan mengakui bahwa Israel berdaulat di Golan, Dataran Tinggi yang berlokasi 60 kilometer dari ibukota Suriah, Damaskus.

Pemerintah Israel pada hari Minggu menyetujui inisiatif Netanyahu untuk mendirikan hunian baru di Golan, namun menurut oposisi hal ini tidak dapat dilakukan sebelum pemilu tahap II di Israel kembali dilaksanakan September mendatang.

(T.RS/S:BBC)

leave a reply
Posting terakhir