Utusan PBB: Uang saja tidak cukup untuk menyelesaikan masalah Palestina

"Apakah Anda percaya bahwa konferensi ekonomi dapat menyelesaikan masalah Palestina? Ini tidak benar," tutur  Miguel Angel Moratinos, Perwakilan Tinggi PBB untuk Aliansi Peradaban.

BY 4adminEdited Wed,26 Jun 2019,01:21 PM

Casablanca, SPNA - Konferensi Bahrain yang dipimpin AS telah dibuka pada Selasa (25/06/2019), di mana para pejabat AS diharapkan akan mengungkap bagian ekonomi dari rencana perdamaian Timur Tengah dikenal sebagai "Deal of the Century."

Tekait hal ini, dalam simposium di sela-sela Festival Budaya Internasional Asilah di Maroko utara, Miguel Angel Moratinos, Perwakilan Tinggi PBB untuk Aliansi Peradaban, mengatakan "Apakah Anda percaya bahwa konferensi ekonomi dapat menyelesaikan masalah Palestina? Ini tidak benar." 

"Kita harus mengatasi masalah politik dasar terlebih dahulu," katanya, berbicara kepada perwakilan Bahrain Ahmed Hashim al-Yusha.

"Keamanan dan perdamaian tidak dapat dicapai dengan uang," kata Moratinos.

"Deal of the Century" belum terungkap secara penuh, namun, berdasarkan kebocoran di media, pihaknya membayangkan untuk membuat konsesi besar kepada Israel mengenai status kota Yerusalem dan juga mengenai hak pengungsi Palestina untuk kembali ke rumah mereka. di Palestina yang bersejarah.

Yerusalem tetap menjadi jantung perselisihan Timur Tengah yang telah berlangsung puluhan tahun, di mana warga Palestina berharap bahwa Yerusalem Timur - yang diduduki oleh Israel sejak 1967 - suatu hari nanti dapat berfungsi sebagai ibu kota negara Palestina.

Otoritas Palestina yang berbasis di Ramallah mengatakan bahwa mereka tidak akan menghadiri konferensi di Bahrain dan telah menolak peran AS dalam proses mediasi sejak pengakuan kontroversial Presiden AS Donald Trump terhadap Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada 2017.

(T.RA/S: Anadolu Agency)

leave a reply
Posting terakhir