Uni Eropa menyetujui paket bantuan baru senilai $ 113 juta untuk para pengungsi di Lebanon, Yordania dan Irak

Bantuan ini dimaksudkan untuk mencapai jumlah total yang dimobilisasi dari anggaran 22 Negara Anggota Uni Eropa dan Turki menjadi lebih dari $ 2 miliar sejak 2014 menyusul pecahnya perang Suriah.

BY 4adminEdited Sat,29 Jun 2019,10:28 AM

Brussels, SPNA - Uni Eropa menyetujui paket bantuan baru senilai € 100 juta ($ 113 juta) untuk pengungsi dan masyarakat lokal di Lebanon, Yordania dan Irak. Bantuan ini dimaksudkan untuk mencapai jumlah total yang dimobilisasi dari anggaran 22 Negara Anggota Uni Eropa dan Turki menjadi lebih dari $ 2 miliar sejak 2014 menyusul pecahnya perang Suriah.

“Uni Eropa - melalui Dana Perwalian Regional UE dalam Menanggapi Krisis Suriah - mengadopsi paket bantuan € 100 juta baru untuk mendukung ketahanan para pengungsi, pengungsi internal (IDP) di Lebanon, Yordania dan Irak. Ini akan dilakukan melalui penguatan sistem pemberian layanan publik, peningkatan akses ke pendidikan tinggi, dan peningkatan layanan perlindungan anak,” kata Serikat Pekerja dalam siaran persnya, Kamis (27/06/2019).

Komisioner untuk Kebijakan Sekitar Eropa dan Negosiasi Pembesaran Johannes Hahn mengomentari komitmen Perhimpunan tersebut dan tantangan untuk menangani masalah pengungsi di wilayah ini, “Uni Eropa memenuhi komitmennya. Dengan tambahan bantuan senilai € 100 juta ini, Dana Perwalian Regional UE dalam menanggapi krisis Suriah terus mendukung para pengungsi untuk menjadi semakin mandiri secara ekonomi."

Diharapkan, "Melalui akses ke peluang menghasilkan pendapatan, mereka dapat mengambil mata pencaharian mereka di tangan mereka sendiri, menyediakan untuk diri mereka sendiri, dan menjaga martabat mereka. Pada saat yang sama kami mendukung komunitas tuan rumah dan tetangga Suriah dalam upaya mereka untuk memperluas ekonomi mereka sambil mengatasi tantangan terkait dengan konflik yang masih berlangsung."

Dana tersebut akan "diubah menjadi pembiayaan tindakan nyata yang membantu para pengungsi dan negara tuan rumah," yang meliputi:

• € 55 juta ($ 62 juta) untuk mendukung ketahanan para pengungsi, pengungsi internal, pengungsi yang kembali dan masyarakat tuan rumah di Lebanon, Yordania, dan Irak.

• € 28,4 juta ($ 31 juta) untuk akses ke pendidikan tinggi bagi para pengungsi dan pemuda tuan rumah yang rentan di Lebanon, Yordania, dan Irak.

• € 12,5 juta ($ 14 juta) untuk menyediakan layanan perlindungan bagi anak-anak dan perempuan yang menjadi korban kekerasan berbasis gender di Lebanon.

• € 3,6 juta ($ 4 juta) untuk melanjutkan dan memperkuat kerangka kerja pemantauan dan evaluasi horizontal dana perwalian.

Sejak didirikan pada Desember 2014, sebagian besar dukungan UE ditujukan untuk membantu para pengungsi Suriah dan mendukung negara-negara tetangga Suriah mengatasi krisis pengungsi yang diberikan melalui Dana Perwalian Regional Uni Eropa untuk Menanggapi Krisis Suriah.

Dana Perwalian memperkuat respons bantuan Uni Eropa yang terintegrasi terhadap krisis dan terutama menangani ketahanan jangka panjang dan kebutuhan untuk meningkatkan kemandirian para pengungsi Suriah, dan pada saat yang sama meringankan tekanan pada masyarakat tuan rumah dan pemerintah mereka di negara-negara tetangga seperti Irak, Yordania, Lebanon dan Turki.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir