Knesset Israel adakan pertemuan membahas perdamaian dengan Hamas

Parlemen Israel hari ini mengadakan pertemuan untuk membahas kelanjutan status damai dengan pihak Hamas di Gaza. Pejabat Israel menekan pemerintah agar melakukan serangan militer ke wilayah Palestina.

BY 4adminEdited Sun,30 Jun 2019,01:59 PM

Tel Aviv, SPNA - Media Israel melaporkan bahwa Knesset (Parlemen) Israel hari ini (Minggu, 30/06), akan mengadakan pertemuan untuk membahas status perdamaain dengan Hamas yang baru saja ditandatangani pada Jumat pagi (28/06).

Portal berita Israel, Maariv, menuliskan, “Pertemuan akan berlangsung pada jam satu waktu Israel, untuk membahas ketegangan di perbatasan dalam beberapa hari terakhir pasca terjadi lebih dari 100 kebakaran (di permukiman illegal Israel)”.

Berdasarkan MoU perdamaian, Israel berkewajiban membuka kembali gerbang penyeberangan Kerem Shalom untuk mengangkut BBM ke Gaza. Di pihak lain, Nota Kesepahaman tersebut memaksa Hamas untuk menghentikan penembakan balon-balon pemicu kebakaran ke permukiman Israel.

Israel juga berkewajiban mempeluas area penangkapan ikan bagi nelayan Gaza menjadi 15 mil dari tepi pantai. Serta tidak melakukan penembakan terhadap warga Gaza yang melakukan aksi damai di perbatasan.

Namun demikian, kesepakatan dengan Hamas tersebut membuat Netanyahu hujan kritikan dari politikus negaranya. Lawan politk Netanyahu, Benny Gantz, mengatakan bahwa Perdana Menteri Israel saat ini mampu diatur oleh kepentingan Hamas.

“Perdamaian tidak akan tercipta selama tidak ada serangan yang dahsyat.” Kata Benny.

Ketegangan Israel-Hamas kembali memuncak dalam sepekan terakhir akibat penembakkan balon pembakar ke permukiman ilegal Yahudi oleh pejuangan Gaza. Dalam beberapa hari terakhir, balon yang telah dipasang pemicu api tersebut mampu menciptakan sejumlah kebakaran di Israel.

Menanggapi aksi pejuang Palestina tersebut, Selasa (25/06), Israel mengambil kebijakan menahan mobil tanker pengangkut BBM ke Gaza. BBM tersebut seharusnya digunakan untuk menghidupkan satu-satunya pembangkit listrik di Gaza.

Penembakan balon pembakar merupakan salah satu jalur perjuangan warga Gaza untuk melawan blokade Israel yang telah berlangsung selalam belasan tahun. Blokade negara zionis tersebut menjadikan Gaza sebagai ‘penjara terbesar’, dengan persentasi kemiskinan dan pengangguran tertinggi di dunia.

Situs lokal Palestina, Ramallah, menyebutkan seharusnya Israel hari ini telah mengizinkan mobil tanker BBM Gaza untuk melintas melalui perbatasan Kerem Shaloum. Pasca penahanan BBM Gaza, pembangkit listrik di Gaza kamis sore (27/06), mengumumkan hanya dapat memberikan layanan listrik selama delapan jam sehari.

(T.HN/S: Arabic.Rt)

leave a reply
Posting terakhir