Lieberman: Agama tidak dapat dipisahkan dari negara di Israel

Namun menurutnya, agama harus dipisahkan dari politik di Negara Israel.

BY adminEdited Thu,04 Jul 2019,12:01 PM

Tel Aviv, SPNA - Mantan menteri pertahanan Israel dan ketua partai sayap kanan Yisrael Beiteinu Avigdor Lieberman, Selasa (02/07/2019), mengatakan bahwa mustahil memisahkan agama dari negara di Israel.

Berbicara di Konferensi Herzliya, Lieberman mengatakan, “Ketika kita berbicara tentang hubungan antara agama dan negara, saya mengatakan bahwa agama harus dipisahkan dari politik di Negara Israel. Namun, tidak mungkin memisahkan agama dari negara."

Pada bulan Mei, Lieberman menentang bergabung dengan pemerintah yang dipimpin oleh Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dengan partai-partai ultra-Ortodoks, yang ia sebut "pemerintah (hukum Yahudi)", Haaretz Israel melaporkan.

Lieberman dan pihak ultra-Ortodoks telah berselisih mengenai RUU wajib militer yang akan memaksa pria ultra-Ortodoks mempelajari Taurat untuk bergabung dengan militer.

Lieberman mengkritik program persiapan pra-militer komunitas agama, dengan mengatakan "mereka berkembang menjadi milisi agama."

Lieberman diseru untuk memisahkan akademi pra-militer dari Kementerian Pendidikan dan menempatkannya di bawah pengawasan penuh kementerian pertahanan.

(T.RA/S: MEMO)

leave a reply
Posting terakhir