Ancaman drone Hamas resahkan Israel

Hamas disebutkan memiliki belasan drone dengan berbagai jenis. Sebagian digunakan dalam operasi militer untuk menyerang Israel sementara yang lain berfungsi sebagai mata-mata.

BY adminEdited Tue,09 Jul 2019,11:56 AM

Jalur Gaza, SPNA - Portal Walla menyebutkan bahwa Gerakan Perlawanan Islam (Hamas) terus mengembangkan kemampuan tempur maritim dan menciptakan pesawat tanpa awak. Disaat yang sama Miiter Israel (IDF) tidak memperhatikan bahaya drone Hamas yang perangkatnya dipesan melalui internet tersebut.

Surat kabar Israel tersebut, menambahkan bahwa Brigade Izuddin al-Qassam (sayap militer Hamas) sejak 2016 telah mengembangkan kemampuan militer mereka terutama untuk drone, seperti dikutip Maannews Senin, (08/07/2019).

Walla juga menyampaikan informasi dari pejabat tinggi IDF bahwa Israel telah menghapus istilah ‘’Sayap Militer Hamas” dan menukarnya menjadi “Militer Hamas”.

Perubahan istilah ini didasarkan pada sistem militer yang telah dibangun dan dikembangkan Hamas, jumlah personel serta pengembangan kemampuan tempur dalam beberapa tahun terakhir.

“Sampai saat ini Hamas terus mengembangkan sistem militernya di Jalur Gaza,” terang pejabat militer yang tidak disebutkan namanya tersebut.

Walla menambahkan bahwa Gerakan Hamas dan Faksi Pejuang Palestina menyelundupkan perangkat drone yang dibeli lewat internet melalui perbatasan dan menjadikannya senjata ampuh.

Dalam beberapa bulan terakhir, Hamas telah menggunakan drone kecil dan melepasnya ke wilayah Israel dalam aksi Great March of Return.

Maret lalu Hamas berhasil menerbangkan drone tersebut ke wilayah Israel lalu kembali ke Gaza dengan Selamat.

Hamas disebutkan memiliki belasan drone dengan berbagai jenis. Sebagian digunakan dalam operasi militer untuk menyerang Israel sementara yang lain berfungsi sebagai mata-mata, ‘’ tulis Walla.

Drone canggih Hamas berhasil membuat IDF resah dan akan digunakan dalam perang mendatang.

(T.RS/S:Maannews)

leave a reply