ISESCO kutuk pembangunan terowongan bawah tanah Israel di Al-Aqsa

Organisasi kerja sama Islam dalam bidang pendidikan dan kebudayaan mengecam proyek pembangunan terowongan bawah tanah Israel. ISESCO menyebutkan bahwa langkah tersebut bertentangan dengan undang-undang internasional.

BY adminEdited Wed,10 Jul 2019,03:03 PM

Rabat, SPNA - Organisasi Islam bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (ISESCO), Selasa (09/07/2019), mengeluarkan pernyataan mengutuk proyek pembangunan terowongan bawah tanah Israel di kota suci Al-Quds.

Dalam pernyataannya, ISESCO, menyampaikan, “Proyek dalam rangka mendukung perluasan permukiman ilegal Israel di Yerusalem tersebut bertentangan dengan Undang-Undang Internasional, PBB dan peraturan UNESCO, yang menjamin keamanan berbagai situs bersejarah Islam dan Kristen di Yerusalem.”

Oraganisasi kerjasama negara Islam tersebut juga menyampaikan komitmennya untuk terus memberikan dukungan pendidikan dan kebudayaan bagi Palestina secara umum dan Yerusalem secara khusus.

Pemerintah Israel, Minggu (30/06/2019), meresmikan proyek pembangunan terowongan bawah tanah menuju Masjid Al-Aqsa. Terowongan tersebut disebutkan sebagai jalur alternatif bagi warga Yahudi yang ingin mendatangi Al-Aqsa.

Selain itu, terowongan yang dibangun melintasi kota tua Silwan di Yerusalem tersebut, merupakan salah satu infrastruktur yang disediakan otoritas Palestina untuk salah satu permukiman Israel yang dibangun di Yerusalem. Agar permukiman ilegal tersebut terhubung langsung dengan wilayah jajahan Israel lainnya.

Turut hadir dalam upacara peresmian Duta Besar Amerika untuk Israel, David M. Friedman, dan Utusan Amerika untuk Timur Tengah, Jason Greenblatt. Hal ini menggambarkan kedekatan pemerintahan Donald Trump dengan otoritas Israel.

Greenblatt merupakan salah satu utusan Amerika yang hadir dalam KTT Bahrain.

Pihak Israel menganggap keikutsertaan dua pejabat tinggi Amerika tersebut sebagai pengakuan Amerika terhadap Yerusalem, Timur dan Barat, sebagai ibu kota Israel.

(T.HN/S: Palinfo)

leave a reply
Posting terakhir