Mesir bertengger di posisi ke tiga sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia

Berdasarkan laporan salah satu majalah ekonomi Inggris, Mesir berhasil duduk di posisi ketiga dalam daftar negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar pada kuartal pertama tahun 2019.

BY 4adminEdited Tue,16 Jul 2019,04:02 PM

Kairo, SPNA - Mantan Asisten Direktur Dana Moneter Internasional Mesir, Fakhri Al-Faqi, mengatakan bahwa Mesir berhasil berada di posisi ke tiga setelah Cina dan India sebagai negara dengan pertumbuhan ekonomi  terbesar di dunia.

Faqi menambahkan, hal ini berarti Kairo bahkan telah mengalahkan Amerika Serikat dari segi pertumbuhan ekonomi.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV lokal, Sabtu (13/07/2019), Fakhri mengatakan, “Pertumbuhan ekonomi yang terus meranjak naik dalam beberapa tahun terakhir akan berefek pada perbaikan kondisi ekonomi warga.”

Ia membeberkan bahwa investasi merupakan alasan di balik pertumbuhan ekonomi tersebut. Program perbaikan ekonomi yang akan rampung dilaksanakan dalam lima bulan terakhir, sebut Fakhri, akan semakin memberikan dampak positif terhadap ekonomi negara.

Keberhasilan pemerintah Mesir tersebut dirilis oleh sebuah majalah yang terbit mingguan di London, The Economist. Media Inggris tersebut menuliskan bahwa selama tiga bulan pertama tahun 2019, persentase pertumbuhan ekonomi Mesir mencapai angka 5,6 persen.

Sedangkan diperingkat pertama ada Cina dengan persentase 6,4 dan India di peringkat kedua sebesar 5,8. Di posisi ke empat diisi oleh Filipina dengan angka pertumbuhan 5,6 persen, kemudian Indonesia 5,1 persen, dan Polandia 4,7 persen.

Laporan tersebut diumumkan secara resmi oleh Pusat Biro Informasi  Dewan Menteri Mesir, Sabtu (13/07).

Bagi Palestina, Mesir merupakan salah satu negara yang sering menjadi mediator ketika Israel dan pejuang Palestina di Gaza bersitegang atau terlibat perang.

(T.HN/S: Shorouknews)

leave a reply