Ban Ki Moon: 50 Tahun Pendudukan Israel Menghancurkan Palestina.

BY Rizky SyahputraEdited Tue,28 Jun 2016,10:58 AM

Ban Ki Moon: 50 Tahun Pendudukan Israel Menghancurkan Palestina.

Al Quds – Suarapalestina - Sekjen PBB Ban KI Moon menyatakan, Senin (27/6) : 'Harus diperjelas bahwa hampir 50 tahun pendudukan Israel  berefek merusak hidup masyarakat Palestina. Konflik ini juga melemahkan keyakinan mencapai perdamaian serta tidak membuat Israel menjadi negara yang aman'.

Sedangakan Presiden Israel Rueven Rivlin dalam pidatonya menambahkan : 'Pemimpin kedua belah pihak (Israel-Palestina) harus segera mengambil langkah konkret untuk mengembalikan harapan dan cakrawala politik agar masyarakat Palestina dan Israel dapat melihat jalan menuju perdamaian bukan dengan cara-cara kekerasan.

Saya yakin bahwa meja perundingan masih menjadi satu-satunya solusi menghentikan konflik berkepanjangan serta mewujudkan aspirasi kedua bangsa. Hal ini mendorong saya berpartisipasi dalam kegiatan internasional dan regional baru-baru ini.

'Quartet Timur Tengah telah membuat keputusan seimbang dan adil tekait situasi  yang dialami oleh kedua negara. Saya mendorong pemimpin Israel dan Palestina untuk bekerja sama dengan Quartet Timur Tengah dan  menjalani instruksinya, serta kembali melakukan perundingan yang berarti. Saya menjamin bahwa PBB siap mendukung semua upaya untuk mencapai tujuan ini', Lanjutnya.

Sekjen PBB juga menyambut baik kesepakatan Israel dan Turki dan menyatakan bahwa hal ini merupakan sinyal yang diharapkan dapat menstabilkan situasi di kawasan.

Ban Ki Moon juga bertolak ke Gaza serta bertemu PM Israel, Benyamin Netanyahu.  

leave a reply