Turkey dan Israel Mulai Menentukan Duta Besar Minggu Ini

BY Rizky SyahputraEdited Wed,29 Jun 2016,08:48 AM

Turkey dan Israel Mulai Menentukan Duta Besar Minggu Ini.

Al Quds –suarapalestina- Setelah medeklarasikan hubungan diplomatik senin (27/6), Minggu ini Israel dan Turki mulai menjalani prosedur penentuan Dubes.  Jubir presiden Turki juga mengatakan(28/6) bahwa Menlu Turki dan Rusia juga akan mengadakan pertemuan hari Jumat (1/7) di Laut Hitam.

Dalam konferensi pers di istana kepresidenan di Ankara Ibrahim Kalin mengatakan: 'Kami akan memulai prosedur pemilihan duta besar untuk Israel'.

Turki merupakan sekutu utama Israel sampai tahun 2000. Namun hubungan keduanya menurun dan semakin memburuk di tahun 2010, akibat serangan angkatan laut Israel terhadap kapal Mavi Marmara dan menewaskan 10 orang Turki. Kapal tersebut disewa organisasi kemanusiaan Turki (IHH) menuju Jalur Gaza untuk membuka blokade.

Disisi lain Kalin menyatakan Menlu Turki, Maulud Jewish oglu akan bertemu Menlu Rusia Sergei Lavrov di Sochi Jumat (1/7) mendatang. Pertemuan tersebut bertujuan memulihkan kembali diplomasi kedua negara serta mengakhiri perselisihan yang terjadi sejak insiden penembakan pesawat dan pilot Rusia tanggal 24 November 2015 dekat perbatasan Suriah.

Menlu Rusia dan Turki akan  bertatap muka di sela-sela pertemuan kerjasama ekonomi yang diadakan di Sochi Laut Hitam.

leave a reply
Posting terakhir

Mulai Minggu Hingga Kamis Ini, Ekstremis Yahudi Seru Serbu Al-Aqsha

Sabri menjelaskan bahwa otoritas pendudukan Israel melalui serbuan dan serangan terhadap jamaah Masjid Al-Aqsha, pada Jumat lalu, ingin mengurangi jumlah jamaah dan menghalangi penduduk Palestina. Hal ini dilakukan agar jamaah Masjid Al-Aqsha dan penduduk Palestina secara umum tidak melawan atau mencegah gerombolan pemukim Yahudi yang ingin menyerbu Al-Aqsha.