Stok Semakin Menipis, NPC Bantu Pengadaan APD untuk RS. Haji Jakarta

“Situasinya semakin mengkhawatirkan, stok APD semakin menipis,” jelas Sri Yulianti, Sekrertaris Satgas Covid RS. Haji kepada NPC beberapa hari lalu.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Tue,14 Apr 2020,01:18 PM

Jakarta

Jakarta, NPC– Melalui surat elektronik tertanggal 02 April 2020, Tim Satgas Penanganan Covid -19 Rumah Sakit (RS) Haji Jakarta, melayangkan permohonan bantuan Alat Pelindug Diri (APD) kepada NPC (Nusantara Palestina Center).

Dalam surat tersebut, pihak Satgas menyebutkan kebutuhan mendesak akan Alat Pelindung Diri (APD) bagi paramedis yang saat ini berjibaku menangani pasien.

Bertambahnya korban penyebaran virus ini membuat Satgas bergerak cepat untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dibutuhkan, khususnya untuk melindungi para petugas medis di lapangan.

“Situasinya semakin mengkhawatirkan, stok APD semakin menipis,” jelas Sri Yulianti, Sekrertaris Satgas Covid RS. Haji kepada NPC beberapa hari lalu.

Menanggapi surat tersebut, NPC secara cepat merespon untuk ikut memikirkan dan membantu pengadaan barang tersebut.

Atas arahan langsung dari Bapak Abdillah Onim (Bang Onim) selaku Pendiri dan Ketua Dewan Pembina NPC, maka tim NPC langsung berkordinasi dengan Satgas untuk membeli sejumlah APD yang sangat dibutuhkan.

Adapun barang yang menjadi prioritas sampai berita ini diturunkan, adalah APD berupa Masker N95, masker bedah, dan thermogan.

“Barang-barang ini selain harganya mahal, saat ini tidak mudah untuk mendapatkannya,”tambah Yulianti.

AKSI NYATA:

Hari ini, 13 April 2020, Bang Onim beserta tim berhasil menyerahkan bantuan APD kepada Tim Satgas Covid-19. Penyerahan ini berlangsung di salah satu ruangan lantai dasar lobi rumah sakit.

Bantuan APD dari para donatur NPC ini diserahkan langsung oleh Bang Onim kepada dr. Mahesa Paranadipa Maikel, MH.Kes selaku Ketua Tim Satgas Penanganan Covid-19 Rumah Sakit Haji Jakarta.

Dalam sambutan singkatnya, Bang Onim mengajak semua pihak untuk memberi perhatian lebih kepada paramedis yang saat ini berjuang di garda terdepan.

“Mari kita lebih peduli untuk membantu kebutuhan APD bagi para dokter yang saat ini berjuang menangani pasien Covid-19”, ajak Bang Onim.

Sebaliknya, dr. Mahesa menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada Bang Onim dan NPC yang memberi perhatian untuk pengadaan APD di Rumah Sakti Haji Jakarta.

“Terima kasih untuk Bang Onim dan Tim NPC atas bantuannya. Sungguh kami sangat membutuhkan APD ini,” jelas dr. Mahesa.

Untuk tahap awal, NPC menyalurkan APD berupa thermometer infra merah non contact sebanyak 5 buah, Masker N95 8210 sebanyak 160 pcs, dan Masker Bedah 4 ply sebanyak 500 pcs.

Beberapa saat sebelum prosesi serah terima bantuan, tim NPC diajak untuk melihat langsung suasana lokasi yang menjadi ruang perawatan pasien Covid-19 yang terletak di Gedung Arafah RS. Haji.

Melihat masih kurangnya sarana penunjang seperti Westafel Portable (WP), maka Bang Onim tergerak untuk menyumbang secara pribadi 4 unit WP. Bang Onim berharap, agar aksinya ini diikuti oleh para dermawan secara umum, dan secara khusus teman, sahabat hingga donatur NPC.

Saat ini NPC membuka kesempatan kepada semua pihak untuk ikut berkontribusi dan bahu membahu meringankan beban sejumlah rumah sakit dalam pemenuhan kebutuhan APD.

NPC menyiapkan rekening khusus untuk aksi kepedulian ini melalui:

Bank Syariah Mandiri, nomor rekening : 713-976-4492 atas nama Nusantara Palestina Center.

leave a reply