Vakum Beberapa Tahun, Amerika Kembali Kucurkan Bantuan untuk Palestina

Untuk membantu Penanganan Virus Corona, Amerika Serikat kirimkan bantuan belasan miliar rupiah untuk Palestina. Dubes Amerika mengatakan negara tersebut akan terus komitmen untuk membantu  Palestina.

BY Edited Sat,18 Apr 2020,11:16 AM

Washington, SPNA – Duta Amerika Serikat untuk Israel, David M. Friedman, Kamis (16/04), mengumumkan bahwa Negara Paman Sam tersebut akan menggelontorkan bantuan kemanusian untuk Palestina. Besaran bantuan disebutkan dapat mencapai lima juta dolar atau setara dengan (78 miliar rupiah).

Dalam sebuah cuitan Twitternya, Friedman menuliskan, ”Saya sangat bangga  mengumumkan bantuan Amerika Serikat untuk Palestina sebesar lima juta dolar untuk rumah sakit dan warga Palestina yang membutuhkan bantuan darurat, demi menyelamatkan warga dari virus Corona.”

Amerika sebagai donatur kemanusiaan terbesar dunia terus komitmen untuk  membantu warga Palestina.” Tambahnya.

Sejak tahun 2018, Amerika serikat menarik diri sebagai salah satu donator yang menanggung biaya kehidupan pengungsi Palestina. Sebagian pihak menilai kebijakan Amerika tersebut bertujuan menekan Palestina agar bersedia berdialog dengan pihak Israel.

Kebijakan itu membuat Amerika hilang kepercayaan dari Pemerinatah Palestina. Presiden Palestina, Mahmud Abbas, mengatakan Amerika tidak lagi layak menjadi mediator perdamaian Palestina-Israel. Bukan hanya pemutusan bantuan kemanusiaan, Amerika juga terlihat berat  sebelah dalam beberapa kebijakan penting mereka terkait Palestina-Israel.

(T.HN/S: Arabic.Reuters)

leave a reply