Dinilai Provokatif, Israel Laporkan Lebanon ke Dewan Keamanan PBB

Kemenlu Israel disebutkan akan mengadukan Lebanon kepada Dewan Keamanan PBB. Tindakan Hizbullah yang menembus pagar perbatasan dianggap telah mencederai kedaulatan negara Yahudi tersebut.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sun,19 Apr 2020,01:06 PM

Tel Aviv, SPNA – Menteri Luar Negeri Israel, Israel Katz, berencana untuk melaporkan Lebanon kepada Dewan Keamanan PBB atas tindakan provokatif yang dilakukan oleh pejuang Hizbullah. Mereka dituduh melakukan perusakan terhadap pagar perbatasan yang memisahkan kedua negara.

Dalam sebuah postingan Twitter, Kemenlu Israel pada akun resminya menuliskan, “Menanggapi tindakan provokatif yang dilakukan Hizbullah, Menlu Israel Katz akan melaporkan tindakan tersebut kepada Dewan Keamanan PBB.”

Terkait hal itu, Katz sebelumnya juga telah mengeluarkan pernyataan meminta Pemerintah Lebanon untuk bertanggung jawab atas tindakan Hizbullah. Menurutnya usaha Hizbullah telah merongrong kedaulatan negara Israel.

Dalam hal ini tentu Israel pura-pura lupa atas apa yang mereka lakukan di Tepi Barat dan Gaza. Mulai dari serangan udara menggunakan pesawat tempur sampai pencaplokan dan penangkapan warga di Tepi Barat.

Pada hari Jumat (17/04) beberapa hari lalu, Militer Israel mengumumkan bawah Gerakan Hizbullah Lebanon telah melakukan pelanggaran dengan merusak pagar perbatasan dan berusaha masuk ke wilayah Israel.

Namun demikian, Hizbullah telah menepis tuduhan tersebut. Berita yang tersebar di media sosial tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.

(T.HN/S: Arabic.Sputniknews)

leave a reply