Untuk Pertama Kali, Foto-Foto Berwarna Merekam Peristiwa Nakba 1948 Dirilis

Penulis Palestina Jehad Abu Salim merilis foto-foto berwarna pertama merekam ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi dalam tragedi Nakba tahun 1948

BY Edited Sun,17 May 2020,01:53 PM

Washington, SPNA – Penulis Palestina Jehad Abu Salim merilis foto-foto berwarna pertama merekam ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi dalam tragedi Nakba tahun 1948.

Abu Salem yang sedang mengambil program doktor di bidang sejarah Universitas New York menjelaskan, dia mendapatkan album tersebut dari mantan relawan Quakers bernama Charles Frio.

"Setelah menyelesaikan kegiatan di Universitas Harvard seorang kakek datang menemui saya. Dia memperkenalkan diri dan membawa album foto tersebut.   Namanya adalah Charles Frio, berusia 93 tahun. Dia bercerita pernah berpartisipasi dengan relawan Quakers dibawah American Friend Service Committee yang ditugaskan PBB  untuk melaksanakan misi kemanusiaan di Palestina sebelum UNRWA didirikan, tulis Abu Salem di Twitter,  Sabtu (16/05).

Foto tersebut memperlihatkan kehidupan warga Palestina di Jalur Gaza tahun 1949 dimana jalur kereta api terkenal yang menghubungkan negeri Syam dan negara-negara Arab masih berfungsi.

Album tersebut menjadi salah satu peninggalan bersejarah yang telah berusia 72 tahun  pasca pendudukan terhadap Palestina, Palinfo melaporkan.

Sampai saat ini warga Palestina memperingatkan  peristiwa Nakba untuk mengenang eksodus terhadap 800.000 warga Palestina dari tanah air. Berdasarkan laporan UNRWA jumlah pengungsi Palestina di seluruh dunia mencapai mencapai 5,6 juta jiwa.

(T.RS/S:Palinfo)

 

leave a reply
Posting terakhir

Lebih 100.000 Palestina dan Arab Syahid Sejak Nakba 1948

Berkaitan dengan tahanan Palestina, Ola Awad menyatakan bahwa jumlah tahanan Palestina di berbagai penjara pendudukan Israel berjumlah sebanyak 4.450 orang terhitung hingga April 2022. Sebanyak 160 di antara tahanan tersebut merupakan anak-anak dan 32 tahanan perempuan.