Liga Arab Dukung Mahmud Abbas Putuskan Kerjasama Dengan Israel

Keputusan Mahmud Abbas memutuskan hubungan dengan Israel, mendapatkan dukungan dari Liga Arab. Pencaplokan Tepi Barat oleh Israel dapat mengancam keamanan regional di Timur Tengah.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Thu,21 May 2020,01:20 AM

Tepi Barat, SPNA - Sekretaris Jenderal Liga Arab, Ahmed Aboul Gheit, Rabu (20/05), menyatakan dukungannya teradap Presiden Palestina Mahmud Abbas yang baru saja memutuskan kerjasama dengan Israel. Keputusan Mahmud Abbas tersebut dipengaruhi oleh rencana Israel yang ingin memperluas wilayah jajahannya di Tepi Barat.

Aboul Gheit mengatakan, "Pemerintah Israel masih terus berusaha memperpanas situasi yang ada. Pencaplokan baru Israel berpengaruh besar terhadap keamanan regional."

Sekretaris Jenderal Liga Arab tersebut juga mengaskan bahwa rencana Israel tidak hanya akan berpengaruh terhadap keamanan lokal Palestina dan Israel, tapi juga ikut mengancam keamanan negara-negara tetangga.

"Langkah terbaru Israel telah menghancurkan sejumlah harapan perdamaian dan turut membuka gerbang konflik baru." Ucapnya.

Presiden Palestina, Mahmud Abbas, (Selasa, 19/05), akhirnya menepati janjinya untuk menarik kesepakatan dengan Israel. Keputusan Abbas tersebut merespon rencana Israel untuk memperluas wilayah jajahannya di Tepi Barat. Salah satu kesepakatan yang dianggap menjadi batal adalah kerjasama keamanan antara pemerintah Palestina dan Israel.

(T.HN/S: Arabic.Sputniknews)

leave a reply
Posting terakhir