Mesir Kecam Israel Terkait Rencana Pencaplokan Tepi Barat

Pemerintah Mesir memberikan peringat kepada Israel untuk tidak mengambil kebijakan yang dapat memperkeruh suasana di tingkat regional Timur Tengah. Pencaplokan Tepi Barat dipercaya akan mengundang konflik baru.

BY Edited Thu,04 Jun 2020,10:27 AM

Kairo, SPNA - Menteri Luar Negeri Mesir, Samih Syukri, memperingati Israel atas rencana aneksasi wilayah di Tepi Barat. Syukri mengatakan bahwa langkah Israel tersebut dapat menjadi penghalang usaha perdamaian antar kedua negara.

Pernyataan tersebut disampikan dalam sebuah forum pertemuan online dengan anggota Badan Koordinasi Pengiriman Bantuan Internasional ke Palestina (AHLC) melalui konferensi video.

Samih mengaskan semua pihak harus mendukung usaha yang dapat menjamin terciptanya perdamaian. Salah satunya dengan menghindari berbagai kegiatan yang dapat memantik api konflik  baru.

Mesir disebutkan akan terus mendukung Palestina, khususnya melalui AHLC yang telah banyak memberi kontribusi bagi warga Palestina.

Media Palestina beberapa hari terakhir penuh dengan pemberitaan rencana Israel mempeluas lahan jajahannya di Tepi Barat. Menangggapi rencana tersebut, Presiden Palestina, Mahmud Abbas telah mengambil keputusan mengakhiri berbagai kerjasama dengan pihak Israel. Termasuk kerjasama keamanan.

Dalam hal tersebut, Mahmud Abbas mendapat dukungan penuh dari Liga Arab. Keputusannya itu disebutkan sudah berada di jalur yang tepat.

(T.HN/S: Maannews)

 

leave a reply
Posting terakhir