UNRWA: 130 Juta Dolar Bantuan Untuk Pengungsi Palestina

75 negara dan NGO berkomitmen mendonasikan  bantuan 130 juta Dolar  untuk mempertahankan layanan  yang disediakan oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) .

BY Mohamed AlhirtaniEdited Wed,24 Jun 2020,01:23 PM


Jalur Gaza, SPNA - 75 negara dan NGO berkomitmen mendonasikan  bantuan 130 juta Dolar  untuk mempertahankan layanan  yang disediakan oleh Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina di Timur Dekat (UNRWA) .

 

Hal ini disampaikan dalam pertemuan global tingkat menteri terkait  UNRWA yang diselenggarakan hari ini  (24/06) oleh pemerintah Swedia dan Yordania,

 

UNRWA menyatakan bahwa  kebutuhan  pengungsi Palestina melonjak akibat  pandemi Covid-19 yang mengakibatkan kemerosotan ekonomi negara-negara terkait ditambah politik yang tidak stabil akibat  pendudukan, blokade Gaza dan konflik di Suriah.

 

Pertemuan tersebut dipimpin  Menteri Luar Negeri Yordania,  Ayman Safadi dan Menteri Kerjasama Pembangunan Internasional Swedia  Peter Erickson serta partisipasi khusus Sekjen PBB  Antonio Guterres.

 

Safadi menegaskan bahwa mendukung UNRWA adalah tindakan krusial demi kelangsungan hidup warga Palestina  serta  memastikan stabilitas di kawasan.

 

"Ini saatnya untuk bertindak ! Dukungan UNRWA sangat penting. Badan ini telah melakukan segala cara untuk  memastikan efisiensi dan efektifitas dalam operasinya. Kita harus memberikan dukungan, '' tegasnya.

 

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan bahwa pada bulan Desember 2019, negara-negara anggota PBB mendukung pembaruan mandat UNRWA .

 

Menurut Guterres, UNRWA adalah lembaga penting  demi menjaga stabilitas di wilayah konflik. Hari ini UNRWA  sedang berjuang melawan dampak kesehatan, ekonomi dan sosial yang ditimbulkan oleh Covid 19.

 

Semua negara harus bersatu menciptakan mekanisme keuangan jangka panjang yang dibutuhkan  demi melanjutkan  mandat yang dipercayakan kepada UNRWA dalam membantu  5,6 juta pengungsi Palestina.

 

Sekitar 28.000 karyawan dan staf UNRWA bekerja keras memberikan layanan sesuai dengan tantangan yang dihadapi akibat  pandemi. UNRWA juga  memastikan bahwa pengungsi Palestina memiliki akses dalam  pendidikan, kesehatan, bantuan dan layanan social, Maannews melaporkan.

 

(T.RS/S:Mannews)

leave a reply
Posting terakhir