Pasca Penangguhan akibat Corona, Mesir Kembali Buka Masjid untuk Shalat Berjemaah

Meski korban masih bertambah, Pemerintah Mesir sudah tidak sabar ingin keluar dari cengkeraman Corona yang telah berlangsung selama tiga bulan. Sejumlah masjid kembali dibuka dengan tetap memperhatikan instruksi kesehatan.

BY Mohamed AlhirtaniEdited Sat,27 Jun 2020,12:05 PM

Kairo, SPNA – Warga Mesir, Sabtu, (27/06/2020), kembali dapat melaksanakan shalat lima waktu berjamaah di Masjid-masjid seperti sedia kala. Ini merupakan pertama kalinya sejak Corona mulai menyebar di Negeri Piramida itu tiga bulan lalu.

Keputusan tersebut telah dikeluarkan oleh pemerintah Mesir sejak sepekan yang lalu.

Namun demikian, warga masih tetap diwajibkan untuk waspada dan menjaga keselamatan masing-masing.

Dikutip dari RT.Arabic, sebelum pembukaan berlangsung pemerintah telah mengerahkan pihak kesehatan publik untuk melakukan sterilisasi masjid-masjid yang akan dipakai jemaah.

Tapi pembukaan masjid tidak berlaku untuk pelaksanaa shalat Jumat. Karena ditakutkan akan terjadi perkumpulan massa yang merupakan sebab utama penyebaran virus Covid-19.

Dikutip dari worldometers total korban infeksi Corona di Mesri per hari ini, Sabtu (27/06) berjumlah 62.755 kasus. Termasuk di antaranya 2.360 orang meninggal dunia dan 16.737 orang berhasil sembuh.

Salah satu masjid yang telah mulai dibuka sejak subuh tadi adalah Masjid Al-Azhar yang terletak di jantung Kota Kairo. Pembukaan Masjid Al-Azhar berlansung di bawah instruksi langsung dari Syekh Ahmad Ath-Thayyib, pemimpin tertinggi Universitas tertua dunia, Al-Azhar Asy-Syarif.

(T.HN/S: Rt.Arabic)

leave a reply
Posting terakhir