Gempa Berkekuatan 5,5 Skala Richter Guncang Kairo

Gempa berkekuatan 5,5 skala rickter guncang dua kota di Mesir, Kairo dan Giza. BMKG setempat mengumumkan bahwa itu merupakan gempa terkuat selama beberapa tahun terakhir.

BY Edited Mon,29 Jun 2020,12:34 PM

Kairo,SPNA - Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Mesir, Khalid Al-Qadhi, mengumumkan gempa berskala 5,5 skala richter mengguncang Kairo pada Minggu malam (28/06/2020).

Gempa yang berpusat di 218 KM sebelah Tenggara Kota Izmir, Turki itu, dapat dirasakan langsung oleh warga Ibu Kota Kairo dan Giza. Disebutkan bahwa gempa tersebut merupakan yang paling kuat di Negeri Piramida itu selama beberapa tahun terakhir.

Meski demikian, tidak ada korban jiwa atau kerugian properti yang ditimbulkan akibat bencana alam tersebut. Serta tidak adanya gempa susulan yang tercatat.

Salah satu gempa dahsyat yang pernah mengguncang Mesir terjadi pada tahun 1992. Gempa dengan kekuatan 5,8 skala richter itu menyebabkan 545 orang meninggal dunia, 6.512 luka-luka  dan 50.000 orang kehilangan tempat tinggal.

(T.HN/S: Skynewsarabia)

leave a reply
Posting terakhir

Gempa Berkekuatan 6,6 Skala Richter Guncang Turki dan Yunani

Departemen Manajemen Bencana dan Darurat mengatakan bahwa jumlah korban tewas di Turki akibat gempa telah meningkat menjadi 12, dengan jumlah korban luka-luka sudah mencapai 419 jiwa. Operasi pencarian dan penyelamatan di 17 bangunan yang runtuh atau rusak akibat gempa terus berlanjut.

Gempa 3,8 Skala Richter Guncang Selatan Palestina

Sepuluh hari yang lalu, gempa berkekuatan 5,2 skala richter melanda Laut Putih lepas pantai barat Turki, dan ikut dirasakan oleh banyak penduduk Palestina. Selama tahun ini, beberapa gempa melanda Turki dan terkonsentrasi di selatan dan utara negara tersebut, wilayah Laut Mati, dan pantai laut. Kekuatan gempa bumi berkisar antara 3,6 derajat pada skala richter hingga 5,6 derajat.