Cegah Penyebaran Corona, Arab Saudi Umumkan Protokol Kesehatan Pelaksanaan Ibadah Haji

Tidak diperbolehkannya perkumpulan massa antara jemaah, diwajibkan memakai masker dan dilarang menyentuh Ka'bah adalah serangkaian aturan yang harus dipenuhi jemaah haji tahun ini.

BY Edited Mon,06 Jul 2020,04:50 PM

Mekkah, SPNA -  Arab Saudi mengumumkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus Corona dalam pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 dimana Saudi melarang perkumpulan massa  antara jamaah, seperti dilansir Reuters dari surat kabar resmi Pemerintah Saudi, Senin (06/07/2020)

Juni lalu, Pemerintah Saudi melarang ibadah haji bagi umat islam dari luar negeri dan hanya membatasi pelaksanaan ibadah haji  khusus bagi 1000 jamaah lokal.

Berdasarkan pernyataan dari Pusat Pencegahan dan Kontrol Wabah Penyakit Saudi (Weqaya), Jamaah diwajibkan memakai masker dan dilarang menyentuh Ka'bah.

Pemerintah juga memberlakukan batas sosial antara jamaah tidak kurang dari satu setengah meter selama pelaksanaan ibadah haji, termasuk dalam shalat jamaah.

Selain itu Kunjungan ke Mina, Muzdalifah, dan Arafah hanya diizinkan bagi jamaah  yang memiliki izin haji dari hari Minggu, 19 Juli hingga 2 Agustus 2020.

(T.RS/S:Reuters)

leave a reply
Posting terakhir

Langgar Petunjuk Pelaksanaan Haji Khusus, Arab Saudi Amankan Tiga Jemaah

Untuk menjamin keselamatan dan tidak tersebarnya virus Corona selama pelaksaaan ibadah haji berlangsung, Pemerintah Saudi berjanji akan mengambil langkah tegas terhadap jemaah yang tidak mematuhi peraturan. Sejauh ini, Otoritas Keamanan Saudi telah mengamankan tiga jemaah karena tidak mengantongi izin haji.